Yuk Simak Perbedaan Green Tea dan Matcha!

Hai sobat OSC!

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan green tea dan matcha. Green tea dan matcha adalah bahan dasar yang dapat digunakan sebagai makanan atau minuman bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, menurunkan berat badan hingga menyehatkan jantungSelama ini kita mengira bahwa green tea dan matcha adalah sama. Padahal, green tea atau dikenal pula dengan teh hijau dan matcha adalah dua bahan makanan yang sangat berbeda loh. Sebenarnya apa saja perbedaan green tea dan matcha? Simak perbedaan green tea dan matcha dalam artikel ini!

Rasa

Green tea memiliki rasa yang lebih segar, sedangkan matcha lebih creamy serta rasanya cenderung seperti rumput laut. Tidak seperti green tea dengan aftertaste sedikit asam dan pahit, matcha tidak meninggalkan aftertaste apa pun.

Cara Pengolahannya

Perbedaan kedua ada pada cara pengolahannya. Matcha diproses dengan menutup daun teh selama 20 hingga 30 hari sebelum dipanen agar terhindar dari sinar matahari. Hal ini membuat warna daun menjadi lebih gelap, karena meningkatnya asam amino yang ada di klorofil daun. Proses pengeringan daun matcha pun sengaja dibuat cukup singkat untuk menjaga warna hijaunya. Setelah panen, petani akan memisahkan batang dan urat daun dan menumbuk dengan batu hingga sangat halus. Sedangkan green tea atau teh hijau biasanya disuguhkan masih berupa potongan-potongan daun teh pada umumnya. Jika diseduh, kamu masih harus menyaring ampasnya terlebih dahulu. Hal ini tentunya berbeda dengan matcha yang tidak memiliki ampas. Green tea juga juga jarang diolah menjadi bubuk halus. Dan jika green tea ditumbuk halus, maka akan menghasilkan warna yang berbeda.

Warna

Bubuk matcha berwarna hijau, sedangkan green tea kekuning-kuningan. Jika diseduh juga akan terlihat perbedaan warna yang cukup signifikan. Green tea akan terlihat seperti teh pada umumnya, namun memiliki warna yang lebih bening.

Cara Konsumsi

Ketika mengonsumsi teh hijau, biasanya kita akan menyeduh teh hijau ini di segelas atau seteko air. Lalu membuang sisa daun teh hijau atau kantung teh sisanya setelah selesai menyeduh. Tetapi jika mengonsumsi matcha, maka kita benar-benar menkonsumsi keseluruhan daun teh hijau yang telah dikeringkan dan dibuat menjadi bubuk halus. Berbentuk bubuk halus, matcha biasanya digunakan sebagai bahan campuran kue, minuman, eskrim, hingga pudding. Jika kamu mengonsumsi matcha, ini sama artinya kamu mengonsumsi seluruh kandungan dan manfaat baik yang ada pada daun teh hijau.

Manfaat dan Kandungan

Berbicara mengenai kandungan antioksidan, dengan minum secangkir matcha bisa diibaratkan dengan mengonsumsi tiga cangkir teh hijau. Dikatakan juga antioksidan matcha lebih tinggi dibanding beberapa jenis sayuran. Matcha mengandung kafein, polifenol, dan antioksidan lebih tinggi (termasuk EGCG) dan L-Theanine lebih banyak daripada rata-rata teh hijau. Oleh karena itu, para peneliti mengatakan bahwa matcha memiliki kemampuan membakar lemak lebih tinggi, mencegah kanker, menjernihkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel tubuh.

Harga

Harga matcha lebih mahal dibanding green tea. Green tea dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan matcha, terutama saat kamu membelinya dalam bentuk minuman jadi. Selain itu matcha juga dijual dengan banyak kisaran harga tergantung dengan jenis matchanya.

Hal ini karena matcha dikenal memiliki kandungan yang amat baik bagi kesehatan jantung, serta terkenal dapat melangsingkan tubuh. Kandungannya antara lain adalah antioksidan, poliphenois, kafein, serta L-Theanine yang jumlahnya lebih kaya dibanding green tea.

 

Matcha dan greentea sama-sama mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang baik bagi kesehatan. Tapi, secara keseluruhan kandungan antioksidan matcha lebih tinggi ketimbang teh hijau. Maka, bisa dibilang matcha lebih sehat dibanding teh hijau.  Meski begitu, kandungan kafein matcha lebih besar dibanding teh hijau biasa. Jadi, konsumsi matcha sebaiknya dibatasi, ya. Kelebihan konsumsi kafein bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

  12 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts