Yuk Mengenal Keunikan Beberapa Suku Di Indonesia

Indonesia terkenal dengan berbagai keanekaragamannya yang berbagai macam. Salah satu keanekaragaman yang ada di indonesia adalah banyaknya suku yang tersebar di berbagai wilayah. Beberapa suku di Indonesia seperti suku jawa, suku sunda, suku batak, dan beberapa suku lainnya. Suku-suku di Indonesia memiliki keunikan tersendiri dan berikut adalah keunikan beberapa suku di indonesia. Simak selengkapnya

Suku bawean

Suku bawean adalah sebutan bagi masyarakat yang mendiami Pulau bawean yang terletak sekitar 120 kilometer (km) di bagian utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pulau ini memiliki dua kecamatan yaitu sangkapura dan tambak. Masyarakat bawean terkenal dengan tradisi merantaunya ke berbagai daerah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi ataupun pekerjaan. Tradisi merantau pada suku ini sudah ditanamkan sejak kecil dan sudah menjadi budaya yang tak terpisahkan dari kehidupan suku bawean. Karena kebiasaan merantau ini, pulau bawean juga dijuluki sebagai pulau putri karena masyarakatnya dominan perempuan dan laki-laki nya pergi merantau. Selain itu suku bawean merupakan suku yang unik dan susah disamakan dengan suku lain seperti suku jawa dan madura. Suku bawean memiliki bahasa lokal bernama Bahasa Kreol yaitu sebuah bahasa yang diturunkan dari banyak bahasa yang diakibatkan dari adanya hubungan sosial yang tinggi.

Suku bugis

Suku bugis termasuk empat suku besar yang ada di tanah sulawesi selatan. Suku ini tersebar luas di daerah Kabupaten Bone, Wajo, Soppeng, Sinjai, Bulukumba, Barru, Pare-Pare, Sidrap, Pinrang, dan Luwu. Suku Bugis termasuk ke dalam golongan suku Melayu Deutero atau Melayu Muda. Istilah ini digunakan untuk kelompok populasi yang bermigrasi dari Asia Selatan ke Kawasan Nusantara pada zaman logam, yaitu berkisar antara 3000 sampai 1200 sebelum masehi (SM). Suku ini memiliki keunikan dimana dahulu suku bugis sangat jarang terdapat di wilayah nusantara. Tetapi terlepas dari itu, suku bugis mampu mendirikan kerajaan yang sama sekali tidak mengandung pengaruh india dan tanpa mendirikan kota sebagai pusat aktivitas mereka. Anggota suku sering merantau ke berbagai wilayah nusantara bahkan ke negara lain dan tradisi ini sudah menjadi budaya yang tertanam bagi anggota suku.

Suku laut

Suku laut atau dikenal juga dengan suku sampan adalah suku yang tinggal di wilayah perairan. Disebut suku laut dikarenakan suku ini melakukan semua aktivitas kehidupan mereka di laut dengan menggunakan perahu atau sampan yang memiliki atap sebuah kajang sebagai rumahnya. Suku ini tidak memiliki tempat tinggal dan hidupnya berpindah-pindah. Suku laut tersebar di wilayah perairan seperti Sumatera Timur termasuk wilayah Kepulauan riau dan selat malaka dan sangat bergantung pada dunia maritim disekitarnya. Suku laut sudah ada dari tahun 2500 sebelum masehi, selain itu suku ini juga dikenal Orang Pesukan, Orang Mantang (mendiami pulau mantang), Orang Tambus mendiami kampung Tambus, Pulau Galang) dan sebutan lainnya.

Suku bajau

Sama seperti suku laut, suku bajau juga dikenal sebagai suku yang bertempat tinggal di lautan dari mulai lahir hingga akhir hayat dan dikenal sebagai suku pemburu lautan. Keistimewaan suku ini adalah karena hidupnya diatas laut, maka anggota suku memiliki kemampuan adaptasi dengan lautan bahkan dapat menyelam di kedalaman laut tanpa menggunakan peralatan menyelam seperti pada umumnya. Para ilmuan mengatakan bahwa tingkat adaptasi suku bajau telah mencapai tingkat adaptasi biologis. Hal ini berarti kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan lautan dan menyelam di kedalaman akan terus diturunkan dari generasi ke generasi. Jika dibandingkan dengan manusia biasa, kebanyakan orang hanya bisa menahan napas di air selama beberapa detik, tetapi suku bajau bisa menyelam selama 13 menit di kedalaman 200 kaki atau setara dengan 609,6 m. Hal ini dikarenakan ukuran limpa suku bajau 50% lebih besar dibandingkan dengan manusia biasanya.

Terlepas dari suku-suku tersebut, indonesia masih banyak memiliki suku lainnya yang beragam dan semua suku memiliki keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Tetapi dengan adanya keberagaman suku ini diharapkan tidak ada perpecahan antar suku dan tetap bersatu seperti moto bangsa Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda tetapi tetap satu.

Sumber gambar : beritaku.id

  60 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts