Yang Perlu Diperhatikan dalam Bersosial Media

     Penggunaan media sosial yang marak dilakukan di zaman sekarang membuat kita jarang memperhatikan etika ketika bermain media sosial. Hal ini dapat menimbulkan tindakan yang merugikan bagi kita apalagi dengan adanya hukum yang didasari oleh UU ITE.

     Sebelum itu apakah sobat OSC sudah tahu apa sih sosial media itu? Jadi, Apa itu media sosial? Media sosial adalah teknologi berbasis komputer yang memfasilitasi berbagi ide, pemikiran, dan informasi melalui pembangunan jaringan dan komunitas virtual. Secara desain, media sosial berbasis Internet dan memberi pengguna komunikasi konten elektronik yang cepat. Konten mencakup informasi pribadi, dokumen, video, dan foto. Pengguna terlibat dengan media sosial melalui komputer, tablet, atau smartphone melalui perangkat lunak atau aplikasi berbasis web.

     Adapun hal-hal penting yang harus sama-sama  kita perhatikan dalam menggunakan sosial media atau bahasa trendnya yaitu sosmed adalah :

1. Menjaga Etika      

Tentunya dalam setiap interaksi yang kita lakukan baik itu di sosial media atau pun di lingkungan kehidupan ketika kita ingin memberi suatu komentar,misalnya pada postingan seseorang hendaklah kita menjaga etika kita dengan cara menggunakan bahasa yang baik dan sopan, sehingga kita tidak menyakiti perasaan orang lain dan tidak menimbulkan masalah untuk diri sendiri maupun orang lain.

2. Bijak Dalam Menanggapi Sesuatu

     Bersikap secara bijak merupakan salah satu hal penting ketika bermain sosial media karena dalam bermain sosial media  terdapat jejak digital.Sikap bijak dalam mengambil informasi yang ada di sosmed, Tidak semua informasi yang ada itu nyata, dan banyak juga informasi yang hoax atau palsu. Maka dari itu setiap menerima informasi kita harus lebih bijak dengan mencari kebenaran dari  sumber yang pastinya sudah resmi keasliannya. 

3. Tidak Mengandung Unsur SARA

     Beragam informasi yang akan diunggah di media sosial, sebaiknya menghindari penyebaran yang mengandung aksi kekerasan, pornografi ataupun SARA (Suku, Agama dan Ras). Terkadang seseorang menyepelekan tentang pentingnya saling menghargai sebuah perbedaan atau SARA .Sehingga banyak terjadi rasisme pada sosial media. Alangkah baiknya,jika kita saling menghargai sebuah perbedaan dan menjaga toleransi juga silaturrahmi antar suku, ras dan agama. 

4. Menjaga Privasi

     Segala aktivitas yang dilakukan hendaknya difilter atau diseleksi agar privasi kita terjaga.Tidak semua hal khususnya yang bersifat pribadi atau privasi kita bagikan di sosmed. Hal yang dihindari dari mengunggah postingan di sosial media, yaitu identitas kita seperti tanggal lahir, alamat rumah, nomor rekening dan hal yang bersifat rahasia agar data kita tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

  89 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts