Tips Lolos Beasiswa OSC

Halo sobat OSC! Saya sebagai salah satu penerima beasiswa OSC 2020 akan berbagi beberapa tips untuk teman-teman yang ingin lolos dalam tahap seleksi beasiswa OSC. 

1. Persiapkan diri untuk mengikuti Tes Seleksi OSC

Teman-teman harus mempelajari materi pembelajaran selama SMA, yaitu mulai dari kelas 10,11, hingga 12. Selain itu, kalian juga dapat mempersiapkan diri untuk mempelajari soal-soal psikotes karena terdapat beberapa kampus yang ikut menyertakan jenis soal tersebut pada saat online test. OSC juga menyediakan mentoring serta try out supaya teman-teman dapat berlatih sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengerjakan online test dengan cepat dan tepat

Lolos seleksi tahap pertama (online test) ditentukan dari skor yang diperoleh. Oleh karena itu, teman-teman harus dapat mengerjakan soal-soal yang diberikan dengan tepat dan juga cepat. Kenapa harus cepat? Karena apabila ada skor yang sama, maka nilai tertinggi dengan waktu tercepat akan berada pada peringkat lebih tinggi. Namun, kalian jangan terlalu terburu-buru dalam mengerjakan soal karena jumlah jawaban benar lebih penting dibandingkan dengan kecepatan mengerjakan soal.

3. Mempersiapkan Berkas

Apabila teman-teman nantinya lolos seleksi tahap pertama, maka akan dilanjutkan dengan tahap kedua yaitu seleksi berkas. Supaya tidak terburu-buru, kalian bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang seperti ijazah, nilai rapor, akta kelahiran, sertfikat, kartu keluarga, kartu pelajar/KTP. Sebaiknya kalian juga mempelajari teknis pembuatan berkas seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan kelakuan baik, surat keterangan bebas buta warna, surat keterangan bebas narkoba, dan berkas-berkas lain yang memerlukan banyak waktu untuk mempersiapkannya.

4. Mempelajari teknik dalam wawancara

Kebanyakan kampus menggunakan tes wawancara sebagai tahap akhir/final test OSC. Untuk lolos dalam tes wawancara, tentunya ada beberapa hal yang harus teman-teman persiapkan, mulai dari hal kecil seperti cara memperkenalkan diri yang benar, ekspresi wajah, gestur tubuh serta intonasi bicara. Kalian juga harus mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan selama sesi wawancara supaya dapat menjawabnya dengan lancar. Saat sesi wawancara berlangsung, usahakan untuk berada di tempat yang sunyi dan memiliki koneksi internet yang bagus demi kelancaran final test.

5. Berdoa serta meminta restu orang tua

Segala sesuatu yang kita lakukan akan sia-sia apabila tidak diimbangi dengan doa. Namun, berdoa saja juga tidak cukup, teman-teman juga harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Mendapatkan dukungan serta restu dari orang tua juga akan  berpengaruh dalam keberhasilan kita.

  5096 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts