TENTANG UI/UX Designer (PENGERTIAN DAN PERBEDAAN)

Apa itu UI/UX?

Apa Perbedaan keduanya?

Pasti teman-teman semua sudah sering mendengar istilah UI/UX Designer tapi pada belum tau nih apa sih sebenarnya UI/UX ini..

Dalam sebuah pengembangan website atau sebuah aplikasi biasanya dibutuhkan seorag UI/UX  Desaigner untuk membantu pengembangan desain aplikasi tersebut. Lalu apakah UI/UX Desaigner itu? Apakah pekerjaan.nya sama?

Jawabannya TIDAK teman-teman. Karena seorang UI/UX mempunyai tugas yang berbeda. Berikut Penjelasannya!

APA ITU UI/UX DESIGNER?

User Interface (UI) dan User Experience (UX) Designer adalah istilah yang sering ditemui dalam dunia IT/Desain. Mengingat semakin pesatnya perkembangan teknologi menjadikan profesi UI dan UX Designer pun menjadi salah satu profesi yang paling banyak diincar. Dalam pengembangan sebuah website atau aplikasi User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan hal yang saling berkaitan satu sama lain.

PENGERTIAN UI (USER INTERFACE)

UI adalah bagian dari UX yang berupa tampilan visual design sebuah aplikasi atau web. Tampilan tersebut memungkinkan pengguna untuk berinteraksi di dalam sebuah aplikasi atau web tertentu.

Selain berfungsi sebagai penghubung, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan  aplikasi atau web tersebut sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna. UI biasanya  lebih fokus pada visualisasi, pemilihan warna, huruf, layout, hingga kreativitas dari interface yang digunakan pengguna. Komponen – kompenen tersebut harus ditata dengan bagus dan rapi agar jika dipandang dan digunakan pengguna tidak akan bingung.

Meski demikian, UI merupakan bagian dari User Experience (UX). Sedangkan User Experience (UX) menyangkut masalah yang lebih luas dari UI.

PENGERTIAN UX (USER EXPERIENCE)

Jika UI lebih focus ke penampilan maka UX akan menentukan bagaimana sebuah produk memiliki tampilan dan cara kerja yang sesuai pengguna.

Produk dengan desain UX yang baik akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna saat menggunakan aplikasi atau web yang dibuat.

Adapun, komponen UX ini meliputi bagaimana fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi/web, struktur desain, navigasi penggunaan produk, aspek visual design, dan seluruh aspek interaksi dengan pengguna dapat berjalan dengan lancar.

UX yang ideal akan memiliki fitur dengan tampilan menarik dan mudah digunakan oleh para pengguna. Dalam segi tujuan, UX berfokus pada mencari solusi dari sebuah masalah pengguna. Maka dari itu biasanya akan sering terjadi perng- update an system agar web/aplikasi tersebut dapat nyaman digunakan

PERBEDAAN UI/UX

Dari pengertian diatas pasti sudah jelas bahwa UI dan UX memiliki perbedaan. Apa saja kah perbedaanya?

Berikut adalah 3 perbedaan besar UI dan UX :

1. TUJUAN

Dari segi tujuan nya UI bertujuan untuk membuat sebuah tampilan produk lebih menarik. Sedangkan UX bertujuan untuk memberikan kenyamanan saat memakai produk.

Jadi, dari segi tujuan sebenarnya UI dan UX itu saling berkesinambungan dan dengan adanya tampilan yang menarik akan membuat user menjadi nyaman.

2. TOOLS

Untuk menciptakan tampilan yang menarik demi memberikan kenyamanan pada user. Seorang UI/UX memiliki alat-alat yang diguanakan.

Apakah alat-alat itu seperti palu, cakul, bor, dll? JELAS TIDAK, karena alat/tools yang digunakan adalah sebuah aplikasi.

Aplikasi apa sajakah itu?

Untuk UI karena berfokus pada penampilan jadi spesifikasi utama adalah desain grafis seperti Flinto, Principle, Frames, X, Adobe Ilustrator.

Sedangkan UX berfokus pada kenyamanan pengguna jadi spesifikasi utama adalah prototyping seperti Sketch, InVision, Figma, Adboe XD, Axure

Oleh karena itu bagi teman-teman yang ingin menjadi UI/UX bisa men download aplikasi tersebut.

3. SKILL YANG DIBUTUHKAN

Jika teman-teman sudah mempunyai aplikasinya. Teman-teman juga harus mempelajari skil masing-masing UI/UX agar teman-teman bisa tau akan mulai dari mana dulu.

Oke yang pertama skil dari UI adalah Desain Grafis, Creative Thinking, Convergent Thinking, dan Desain Branding.

Untuk skil seorang UX adalah Riset, Critical Thinking, Creative Thinking, Analysis, Problem Solving Wireframing.

Itulah penjelasan sedikit tentang UI/UX yang mungkin akan bermanfaat bagi teman-teman semua.

 

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/28/19150067/mengenal-ui-ux-design-dan-apa-saja-perbedaannya-?page=all

https://www.niagahoster.co.id/blog/perbedaan-ui-dan-ux/

  9 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts