Tari Suanggi, Tarian Magis Dari Papua Barat

Halo sobat OSC….?

Kita tentu tau bahwa Indonesia memiliki berbagai ragam budaya yang unik serta menarik untuk dikupas. Salah satu budaya yang tidak asing lagi yaitu tarian daerah. Tiap daerah di Indonesia memiliki tarian khas yang menjadi jati diri daerah tersebut. Kali ini, kita akan mengupas tentang tarian suanggi yang berasal dari ujung timur Indonesia, yaitu papua barat. Yuk simak!

Apa itu tari suanggi?

Tari suanggi merupakan tarian yang terkenal dengan nuansa magisnya. Sebelum memulai tarian, para penari akan mengadakan ritual dan upacara yang akan dipimpin oleh tetua suku setempat. Tari suanggi merupakan bentuk ekspresi masyarakat Papua Barat yang masih meyakini tentang adanya nuansa magis.

Makna tari suanggi sendiri berawal dari kisah seorang suami yang ditinggal mati istrinya, yang mana diketahui bahwa istrinya tersebut menjadi korban makhluk anggi-anggi (jadi-jadian). Menurut kepercayaan masyarakat setempat, suanggi merupakan roh jahat yang belum mendapat kenyamanan di alam baka. Roh jahat tersebut kemudian akan merasuki tubuh seorang wanita. Kentalnya nuansa magis tersebut kemudian dirangkum menjadi sebuah tarian yang dikenal dengan tarian suanggi hingga sekarang.

Gerak tari suanggi

Dilansir dari situs Kemendikbud RI, fungsi tari suanggi adalah untuk mengusir roh jahat. Berbeda dengan tarian mengusir roh jahat lainnya, tari suanggi digunakan untuk mengusir roh jahat yang masih memiliki janji namun belum sempat terpenuh.

Setiap gerakan yang dilakukan lebih menyerupai aktivitas dukun atau orang dengan kekuatan magis yang akan menyembuhkan penyakit. Busana yang dikenakan para penarinya merupakan pakaian adat daerah setempat. Tarian ini hanya ditampilkan ketika ada seorang warga yang meninggal dunia dan tidak ditampilkan di pentas seni.

Nah itu sedikit informasi tentang salah satu tarian yang berasal dari Papua Barat. Semoga ulasan tadi dapat sedikit menambah wawasan sobat OSC tentang budaya di negeri kita ini. Tetap semangat menjalani hari and see you later again!

  482 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts