Tahu Spaghetti-nya Indonesia?

Halo, Sobat OSC! Kalian pernah ga sih mendengar atau bahkan merasakan kenikmatan Spaghetti-nya Indonesia? Jika belum, yuk  lanjut baca!

Mie Gomak atau sering disebut sebagai Spaghetti ala Toba ini adalah mie khas Batak yaitu dari daerah Sumatera Utara khususnya daerah Toba Samosir hingga Tapanuli. Disebut sebagai Spaghetti khas Batak karena bentuk dan teksturnya yang hampir sama dengan Spaghetti ala Italia. Gomak sendiri berarti ‘menggenggam’. Zaman dulu orang-orang menyajikan mie ini dengan cara menggenggam langsung menggunakan tangan sehingga disebut Mie Gomak. Namun sekarang, orang-orang biasanya sudah menggunakan sendok atau garpu untuk mengambil mie ini. Selain disebut sebagai Spaghetti ala Batak, mie ini disebut sebagai mie lidi karena bentuk mentah mie ini sebelum dimasak yaitu seperti lidi. Namun tenang saja Sobat OSC, ketika direbus, mie ini akan berubah menjadi kenyal dan bisa dimakan.

Mie Gomak dapat disajikan menjadi beberapa bentuk sajian yaitu dalam bentuk kuah, goreng, atau bumbu kacang. Keunikan dari Mie Gomak sendiri yaitu Mie Gomak dimasak menggunakan merica khas batak yang disebut andaliman. Rasa pedas yang bercampur antara pedas cabai dan andaliman menjadi kenikmatan tersendiri yang dimiliki oleh Mie Gomak. Untuk Mie Gomak yang disajikan dengan kuah, kuahnya 

 

Mie ini biasanya disajikan untuk sarapan. Di Sumatera Utara, kamu akan banyak sekali pedagang yang menjual Mie Gomak untuk sarapan pagi. Harga juga tergolong murah loh, Sobat OSC. Kamu bisa sarapan dengan Mie Gomak hanya mulai dari Rp 5000,- saja. Mie Gomak ini sangat nikmat ketika ditemani oleh teh hangat, bakwan, telur rebus ataupun pisang goreng. Bukan hanya disajikan saat sarapan saja, Mie Gomak ini biasanya disajikan ketika acara pernikahan, acara keluarga, kegiatan doa bersama komunitas atau acara lainnya. 

Itu dia Spaghetti ala Batak yang dimiliki Indonesia, Sobat OSC! Kalau kamu berkunjung ke Sumatera Utara, jangan lupa mencicipi mie ini ya. Kamu juga bisa loh membuat mie ini sendiri.

Sources:

https://indonesia.go.id/kategori/pariwisata/1601/mie-gomak-spaghetti-dari-toba

 

https://www.merdeka.com/sumut/5-fakta-menarik-mi-gomak-spaghetti-khas-batak-toba.html#:~:text=Mi%20Gomak%20adalah%20mi%20khas,daerah%20Toba%20Samosir%20hingga%20Tapanuli. 

https://food.detik.com/info-kuliner/d-2557269/slruup-mie-gomak-spaghetti-a-la-batak-yang-pedas-sedap#:~:text=Disebut%20gomak%20karena%20gomak%20

  24 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts