Sirup Khas Cirebon

Membahas tradisi orang Indonesia, tak lengkap rasanya bila tidak membahas minuman khasnya. Salah satunya adalah sirup. Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa sirup sudah menjadi minuman tradisional yang digemari banyak orang Indonesia sejak dahulu kala. Namun, ada yang unik ketika membahas salah satu sirup khas kota Cirebon yang satu ini.

Namanya sirup Tjampolay, siapa sangka kalau sirup yang telah ada sejak tahun 1936 dan digadang-gadang sebagai salah satu minuman berperisa tertua di Indonesia ini awalnya terinspirasi dari mimpi pembuatnya. Wah, kok bisa, ya?

Dikutip dari historyofcirebon.id, cerita ini bermula saat pendirinya, Tan Tjek Tjiu bermimpi tengah menikmati sirup dengan rasa buah campolay (sawo belanda). Mimpi itu kemudian direalisasikan menjadi sebuah usaha mengolah buah berwarna kuning dengan cita rasa asam yang khas menjadi minuman yang bisa dibuat berulang-ulang. 

Awalnya, pada tahun 1936 Tan Tjek Tjiu hanya memperkenalkan minumannya kepada sanak saudara dan masyarakat sekitar Cirebon. Namun, siapa yang menyangka kalau keautentikan rasa sirup Tjampolay membuat orang-orang Belanda yang tinggal di sekitar Jawa Barat juga menggandrungi minuman ini.

Setelah pendirinya, Tan Tjek Tjiu meninggal dunia pada tahun 1964 industri ini sempat terhenti selama beberapa waktu. Baru pada tahun 1970, salah satu anak Tan Tjek Tjiu, Setiawan bersedia meneruskan bisnis ayahnya setelah melihat tingginya potensi bisnis dengan banyaknya penggemar yang merasa kehilangan setelah sirup Tjampolay dari pasaran.

Kini, produk asli Cirebon ini bisa dibeli minimarket, supermarket luar Cirebon atau bisa memesan melalui loka pasar kesayangan kamu. Meski mulanya hanya tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu: rozen rose, asam jeruk, dan nanas. Namun sekarang sirup Tjampolay menambah warna pada botol minumannya dengan menambah enam rasa lainnya, seperti: pisang susu, mangga gedong, melon, leci, jeruk nipis, dan kopi moka.

Di balik sejarah yang unik dan rasanya yang beragam, sirup Tjampolay diklaim berkhasiat menyehatkan tubuh penikmatnya lantaran dibuat dari bahan-bahan alami, tanpa bahan pengawet. 

Hingga sekarang, sirup Tjampolay menjadi minuman legendaris khas Cirebon yang telah menyabet beberapa penghargaan, di antaranya: menjadi pilihan pertama produk oleh masyarakat setelah unggul dari sekitar 1.523 industri di Cirebon, Bintang 1-Standarisasi Kelayakan Industri dari Direktorat Jenderal Pengawas Obat dan Makanan dengan mengalahkan 14 perusahaan pesaing di Jawa Barat.

Nah, itu dia asal-usul sirup legendaris asal Indonesia. Jika kalian berkunjung ke kota Cirebon, tidak ada salahnya menjadikan sirup Tjampolay sebagai oleh-oleh.

  30 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts