Si hidung mancung dari Kalimantan

Hello sobat OSC!

Hello wal! ( Dari bahasa Banjar "kawal/kakawalan" artinya teman)

Kalian pasti tau kan dengan pulau Kalimantan? Yups, sebuah pulau yang menyimpan banyak keindahan alam, flora, fauna, beragam suku dengan budayanya, dan tak luput juga mitos-mitos yang di percaya masyarakatnya. Kali ini aku mau mengajak kalian untuk berkenalan dengan satwa yang ada di Kalimantan. Seperti yang pepatah bilang "Tak kenal maka tak sayang" maka dari itu yuk kenalan dulu sama bekantan. Satwa ini merupakan spesies endemik yang mendiami hutan bakau (mangrove) di pulau Kalimantan (Indonesia. Malaysia dan Brunei).

Perlu kalian tau, Bekantan ini menjadi ikon wisata sekaligus maskot kota Banjarmasin. Sebuah patung senilai Rp 2.6 miliar ini dibangun Pemerintah Kota Banjarmasin pada tahun 2015, berlokasi di Jalan Kapten Pierre Tendean, tepi Sungai Martapura. Satwa yang memiliki nama latin Narsalis Larvatus ini dibuat berupa patung dengan posisi duduk, sembari menggaruk kepala, tangan satunya lagi memegang buah rambai.

Kenapa Bekantan menjadi maskot?

Singkatnya karena bekantan merupakan hewan primata khas Pulau Kalimantan khususnya di Kalimantan Selatan. Di Kalimantan Selatan, hewan yang menggemaskan ini tersebar di beberapa hutan. Salah satunya ada di area khusus, tepatnya di Pulau Bakut. Lokasi tempat patung setinggi 6.5 meter ini menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto ria, ini karena memang tempatnya sangat instagramable. Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati kuliner khas, seraya memandangi perahu yang melintas di atas sungai Martapura.

Masih banyak fakta menarik yang harus kalian tau tentang bekantan, so enjoy and keep reading guys!

Inilah beberapa fakta unik bekantan yang harus kamu tau, simak wal!

1. Hidung mancung untuk menarik perhatian betina.

Siapa sih yang gak terpesona dengan bekantan, pasal nya satwa langka ini memiliki hidung yang mancung. Badan nya pun jauh lebih besar daripada monyet pada biasanya. Tapi kalian tau gak sih? Kenapa hidung bekantan ini mancung. Setelah di telusuri dari laman National Geographic, hidung bekantan jantan diyakini memiliki ruang gema yang dapat memperkuat suara panggilannya ke betina, hal ini juga berfungsi untuk mengintimidasi para pejantan yang jadi saingannya.

2. Perut buncit yang bekerja keras

Nah ternyata selain ciri khas hidung nya yang mempesona, bekantan juga mempunyai perut yang buncit. Karena makanan bekantan ini beragam alias berupa buah-buahan, biji-bijian, serangga dan dedaunan. Namun mereka lebih condong mengkonsumsi dedaunan. Makan daun ini bukan perkara mudah wal, karena sebenarnya proses pencernaannya akan lebih susah. Maka dari itu ruang-ruang dalam perut bekantan mengandung bakteri-bakteri pencerna selulosa yang membantu bekantan mencerna dedaunan dengan baik. Karena proses pencernaan cukup lama, jadilah perut bekantan ini suka buncit karena penumpukan makanan yang lagi antri untuk di proses.

3. Satwa sosial yang hidup berdampingan

Bukan manusia aja yang perlu sosial dan hidup berdampingan, faktanya kebanyakan primata juga hidup berdampingan. Umumnya bekantan akan berkelompok yang terdiri dari 2 sampai 30 ekor, dan akan satu jantan yang menjadi pemimpin kelompok. Mereka akan berjelajah dan singgah di satu tempat yang menyediakan banyak makanan untuk mereka santap. Inilah pentingnya hutan dan rawa-rawa untuk keberlangsungan hidup bekantan.

4. Satwa yang di lindungi dan keberadaannya terancam punah!

Satwa ini mulai langka, selama 40 tahun terakhir populasinya mulai menurun. Hal ini tentu saja karena banyak faktor yang mempengaruhi, seperti hilangnya habitat karena kebakaran hutan, penggundulan lahan untuk pembangunan, atau bahkan juga perburuan liar. Hal ini tentu saja membuat bekantan hidup dalam kewaspadaan, mereka berusaha bertahan hidup dan berjelajah untuk mencari habitat baru karena habitat aslinya sudah terkontaminasi.

Bagaimana tanggapan kamu setelah membaca artikel ini wal? Artikel ini aku tulis bukan tanpa alasan. Aku mengajak teman-teman semua khususnya Kalimantan Selatan. Yuk kita jaga keindahan alam, flora, dan fauna yang pulau kita miliki. #saveearth #savebekantan.

See you wal! di artikel selanjutnya yang tentunya akan membahas seputar Kalimantan Selatan, tentang wisata, budaya, flora,fauna dan mitos-mitos yang ada di Kalimantan Selatan.

Sumber foto: https://pin.it/6NjINCV

  32 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts