Sejarah Batik Plumpungan

Batik Plumpungan adalah batik yang berasal dari Kota Salatiga. Batik ini merupakan ikon dan ciri khas dari kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah tersebut. Menjadi batik kebanggaan dari masyarakat Kota Salatiga, lantas bagaimana dengan sejarah batik ini? Berikut adalah sejarah dari Batik Plumpungan.

Motif berasal dari bentuk Prasasti Plumpungan

Sesuai namanya, motif dari Batik Plumpungan ini ternyata diambil dari bentuk sebuah prasasti bernama Prasasti Plumpungan. Prasasti ini terletak di di Dukuh Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Adapun bentuk dari prasasti ini adalah batu Andesit dengan ukuran Panjang 170 cm, lebar 160 cm, diameter 5 m dengan tulisan berbahasa Jawa kuna serta bahasa Sanskerta di atasnya. Isi dari prasasti ini adalah tentang pemberian tanah perdikan (daerah bebas pajak) yang tertulis juga tanggalnya yaitu pada hari jumat 672/4/31 (24 Juli 760 M). Oleh karena itu, Prasasti Plumpungan ini menjadi cikal bakal lahirnya Kota Salatiga dan menjadi inspirasi dalam pembuatan Batik Plumpungan.

Diciptakan pada Tahun 2004

Motif Batik Plumpungan pertama kali diciptakan oleh Bambang Pamulardi, Msi., seorang PNS Pemerintah Kota Salatiga warga Dukuh Klasemen, Kelurahan Mangunsari, Salatiga pada tahun 2004. Dikutip dari Jurnal HUMANIKA Vol. 21 No. 1 (2015) ISSN 1412-9418 oleh Widyatwati, Motif Batik Plumpungan dasarnya adalah dari bentuk Prasasti Plumpungan yang terdiri dari dua buah batu besar dan batu kecil. Pencarian motif batik ciri khas kota salatiga dimulai pada tahun 2000 dengan oleh beberapa warga Salatiga yang menginginkan Salatiga mempunyai batik khas Salatiga untuk memeringati hari jadi kota salatiga. Di tahun tersebut pemerintah kota Salatiga menginginkan Kota Salatiga mempunyai batik khas Salatiga. Adapun motif ini di desain pada bulan Juli 2004 dengan media grafis komputer program photoshop dan di cetak di Yogyakarta pada Agustus 2004.

Itu dia nih “Sejarah Batik Plumpungan” gimana? Sudah menambah wawasanmu belum?

DAFTAR PUSTAKA

Widyatwati, Ken. (2015). Prasasti Plumpungan Sebagai Ikon Batik Kota Salatiga Serta Dampaknya Bagi Peningkatan Ekonomi Dan Pariwisata. HUMANIKA Vol. 21 No. 1 (2015) ISSN 1412-9418.

  87 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts