Pesona Pulau Samalona Makassar

Pesona Pulau Samalona Makassar

 

By M Kurniawansyah R

 

Makassar merupakan ibukota dari Sulawesi Selatan dan menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia.Makassar terkenal juga sebagai salah satu pusat perdagangan,wisata bahkan kulinernya.Selain kuliner yang terkenal di Makassar juga terdapat wisata yang tidak kalah populernya.

Salah satu wisata yang terkenal di Makassar adalah pulau Samalona.Lokasi Pulau Samalona sendiri terletak di Selat Makassar berada di Laelae, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan.Jaraknya sekitar tujuh kilometer dari kota Makassar

Pulau Samalona sendiri memiliki bentuk panorama alam yang sangat cantik,dilengkapi dengan berbagai fasilitas sebagai penunjang yang dapat memanjakan pengunjung.Pulau ini memiliki ombak yang sangat kecil dan bisa dikatakan juga nyaris tak berombak.

Pulau Samalona memiliki luas sekitar 2 hektar tetapi memiliki pesona alam yang cantik.Luasnya sendiri pun terus mengalami menyusutan karena adanya pemanasan global dan berdampak pada naiknya permukaan laut.

Pulau ini dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata,seperti penginapan,kedai,mushola dan kamar mandi dan wc.Harga penginapan sendiri berkisar pada harga Rp. 250.000-500.000/malam dengan berdasarkan kualitas penginapan dan kemapuan tawar teman-teman.

Air laut yang berwarna biru yang jernih dapat membuat mata kita bisa melihat langsung kehidupan di bawah air lautnya.Pulau ini juga memiliki pasir putih yang ditumbuhi oleh pepohonan di sekiling pulau yang dapat memberikan keteduhan bagi para pengunjung.

Menariknya lagi di pulau Samalona jika teman-teman OSC imgin melihat keindahan bawah laut berserta makluk hidup nya yaitu dapat dilakukan menyelam dan snorkelling serta dapat pula bermain jetski.Untuk alat-alat tersebut kemungkinan teman-teman bisa menyewa karena terdapat juga jasa penyewaan alat di pulau Samalona.

Bila teman-teman belum berani menjelajahi bawah laut sendiri juga bisa minta ditemani oleh pendamping.Pantai di Pulau Samalona sendiri yang terkenal karena ombaknya yang tenan aman untuk berenang.Orang dewasa maupun anak-anak dapat bermain air di bibir pantai tanpa khawatir karena terseret oleh ombak.

Terdapat juga bangkai-bangkai kapal yang tenggelam di sekitar pulau Samalona seperti bangkai kapal pengebom, Lancaster Bomber yang berada di kedalaman sekitar 30 meter yang sekarang menjadi karang dan rumah bagi ratusan kehidupan di dalam nya.

Selain itu juga teman-teman OSC dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset yang indah serta malam yang ditemani oleh suara ombak dan tiupan angin laut.Untuk memasuki pulau Samalona pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk atau gratis.

Teman-teman OSC yang ingin berkunjung ke Pulau Samalona harus menempuh jarak sekitar 2 km dengan menggunakan perahu motor dengan waktu sekitar 30 menit. Jasa sewa perahu motor sendiri bisa ditemukan di dermaga Kota Makassar.

Harga sewa perahu Samalona berkisar Rp500 ribu – Rp700.000 ribu untuk pulang pergi.Jika pengunjung pandai menawar harga akan lebih murah lagi.Dermaga sendiri selalu sibuk karena tidak hanya melayani pengunjung karena juga tempat lalu lintas antara warga dan juga pedagang.

Sumber Gambar : Arsytours.com

   Indonesiakaya.com

   Nativeindonesia.com

  25 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts