Pembagian Zaman Batu dan Hasil Kebudayaan

Zaman batu adalah zaman dimana manusia belum mengenal logam. Dalam zaman ini, golongan manusia purba membentuk suatu kebudayaan yang terbuat dari batu. Kebudayaan yang dihasilkan dari batu pun sangat beragam. Kemudian zaman batu ini dibagi menjadi beberapa periode sebagai berikut :

1. Zaman Batu Tua (Paleolitikum)

Zaman ini disebut sebagai Zaman Batu Tua, karena alat-alat hasil kebudayaannya masih dikerjakan dengan kasar. Hasil peninggalanya berupa peninggalan kapak batu dan alat serpih.

2. Zaman Batu Madya (Mesolithikum)

Pada zaman ini, manusia sudah menetap.dan tinggal di gua dekat pinggir pantai. Peninggalannya berupa kjokkenmodinger (kerang kerang) yang ditemukan di pinggir pinggir pantai.

3. Zaman Batu Baru (Neolithikum)

Alat-alat batu hasil kebudayaan manusia pada jaman ini sudah lebih halus. Peninggalannya berupa kapak pendek, kapak persegi, kapak lonjong dan mata panah.

4. Zaman Batu Besar (Megalithikum)

Pada zaman ini hasil peninggalannya berupa:

Menhir adalah sebuah tugu yang berfungsi untuk tempat pemujaan roh nenek moyang yang telah meninggal. Menhir dapat ditemukan di Sulawesi Tengah, Sumatera, dan Kalimantan.

Dolmen yaitu tempat yang digunakan untuk meletakkan sesajen persembahan kepada roh nenek moyang. Peninggalan Dolmen dapat ditemukan di Sumatera Barat dan Sumbawa.

  1500 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts