Papeda dan ikan kuah kuning, si putih bermandikan emas

haloo sobat OSC…

siapa disini yang suka olahan dari laut? Entah itu ikan, tiram, cumi, gurita, atau seafood yang lainnya. Kita tentu tau bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas wilayah perairannya lebih besar daripada luas daratannya, oleh sebab itu tidak heran jika tiap daerah memiliki kuliner kuliner khas yang otentik dengan laut. Salah satunya dari timur Indonesia nih sobat, kuliner yang dikenal dengan nama ikan kuah kuning oleh warga setempat ini menjadi salah satu makanan khas yang sangat patut di icipi. Kita intip lebih jauh tentang kuliner ini yuk, check this out!

Apa itu?

Ikan kuah kuning merupakan salah satu kuliner khas dari timur. Kalian dapat menemui hidangan ini di daerah Maluku dan juga Papua. Biasanya kuliner ini akan di hidangkan bersamaan dengan  papeda. Papeda merupakan pengganti nasi yang terbuat dari sagu. Tekstur dari papeda sendiri menyerupai bubur yang kental dan berwarna putih. Oleh karena papeda memiliki rasa yang hambar, sehingga disandingkan dengan ikan kuah kuning yang rasanya sangat kuat dan penuh rempah, sehingga dapat melengkapi satu sama lain. Sama halnya kamu dan dia yang saling melengkapi namun tidak saling bersama,  Ooopss..!

Bagaimana proses pembuatannya?

Proses pembuatan pembuatan ikan kuah kuning sendiri cukup mudah. Yuk simak proses pembuatannya.

Bahan :

Ikan Bawang merah Bawang putih Cabai rawit Cabai keriting Kunyit Kemiri Belimbing wuluh/asam/perasan lemon/cuka Tomat Kemangi Batang sere Daun jeruk Garam Penyedap rasa

Cara pembuatan:

Bersihkan ikan, kemudian marinasi dengan cuka atau perasan lemon untuk menghilangkan bau amis pada ikan tersebut. Sangrai kunyit dan juga kemiri, kemudian haluskan bersamaan dengan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan juga cabai keriting. Kemudian tumis hingga harum. Masukkan pula batang sere dan juga beberapa lembar daun jeruk. Jika sudah harum, masukkan ikan, aduk hingga bumbu merata. Tambahkan sedikit air. Sembari menunggu ikan tersebut matang, iris tomat menjadi beberapa bagian, cabai keriting, belimbing wuluh dan juga kemangi. Jika dirasa ikan sudah hampir matang, masukkan irisan tomat, cabai, dan belimbing wuluh. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan penyedap rasa. Kemudian koreksi rasanya. Sebelum dihidangkan, masukkan kemanggi yang telah disiapkan. Hal ini bertujuan agar aromatic dari kemangi tidak hilang karena terlalu lama dimasak. Setelahnya, ikan kuah kuning siap di hidangkan.

Nah itu tadi sedikit proses pembuatan ikan kuah kuning, untuk proses pembuatan papeda sendiri dibilang cukup mudah hanya perlu mencampurkan sagu halus pada air panas, kemudian diaduk hingga kalis dan sesuai tekstur yang diinginkan.

Gimana nih sobat, adakah yang berminat untuk mencobanya? Semoga tulisan aku kali ini dapat sedikit menambah pengetahuan sobat OSC ya. Tetap semangat, tetap jaga kesehatan, and see you later again..!!

  545 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts