Nongkrong di Coffeeshop? Ketahui Perbedaan Jenis-Jenis Menu Kopinya

Coffeeshop menjadi salah satu tempat yang digemari oleh banyak kaum saat ini, mulai dari kaum remaja sampai dewasa. Seperti namanya, coffeeshop menyediakan banyak menu kopi yang cocok untuk menemani berbagai aktivitas. Tidak sedikit orang memilih untuk mengerjakan tugas sekolah, kuliah, atau bahakan sampai pekerjaan di coffeeshop. Namun, tidak sedikit juga orang yang mengunjungi coffeeshop untuk sekedar santai atau berkumpul bersama teman.

Vibe yang ditawarkan coffeeshop memang selalu menarik. Setiap coffeeshop menawarkan vibe atau suasana berbeda yang dapat menjadi daya tariknya tersendiri. Meskipun demikian, beberapa orang lebih memilih mengurungkan niatnya untuk mengunjungi coffeeshop karena tidak begitu paham dengan jenis-jenis menu kopi yang ditawarkan hingga khawatir akan memesan menu yang salah dan tidak sesuai dengan selera kopi mereka.

Untuk itu, simak macam-macam menu kopi yang akan sering kamu jumpai di coffeeshop berikut ini:

Espresso

Jika kamu menyukai rasa kopi yang kuat, kamu dapat mencoba jenis kopi yang satu ini. Hal tersebut karena espresso merupakan jenis kopi yang tidak menggunakan campuran lainnya seperti gula ataupun susu. Selain itu, kopi ini berwarna hitam pekat sebagai hasil murni dari ekstrak kopi dengan crema atau buih yang disebabkan oleh tekanan minyak dalam biji kopi yang keluar karena dibuat dengan mesin penyeduh bertekanan tinggi.

Americano

Untuk jenis menu kopi yang satu ini juga berbahan utama ekstrak kopi tanpa tambahan gula ataupun susu. Hanya saja, americano tidak terasa begitu kuat dan pahit seperti espresso karena mendapat siraman air panas. Jadi, untuk kamu yang menyukai kopi tanpa campuran bahan apapun dengan rasa pahit yang tidak terlalu kuat, kamu dapat mencoba americano.

Latte

Jenis menu kopi satu ini sedikit berbeda dengan menu-menu sebelumnya. Latte merupakan jenis kopi yang dibuat dari espresso dengan tambahan susu bertekstur kental dan berbuih karena dipanaskan dengan uap. Susu tersebut biasanya digunakan untuk membuat kreasi yang disebut dengan latte art pada permukaan kopi.

Cappuccino

juga mempunyai bahan utama yang serupa dengan latte. Hanya saja, susu yang digunakan lebih sedikit dan mempunyai buih atau foam yang lebih tebal. Hal tersebut dikarenakan komposisi cappuccino menggunakan perbandingan yang sama, yaitu 1/3 espresso, 1/3 textured mix, dan 1/3 susu foam.

Macchiato

Masih dengan komposisi yang serupa dengan menu sebelumnya, macchiato juga dapat dicoba jika kamu tidak begitu menyukai rasa pahit yang kuat. Macchiato merupakan minuman dengan perpaduan espresso dan susu. Perlu untuk diketahui, espresso dan susu pada macchiato menggunakan perbandingan yang sama, yaitu 1:1. Namun, jika kamu ingin mengurangi rasa pahit dan ingin menambahkan takaran susu, kamu dapat memesan macchiato latte yang dibuat dengan perbandingan 1:4.

Mocha

Jika kamu menyukai kopi dan coklat, mocha dapat menjadi preference menu yang tepat. Mocha merupakan jenis minuman yang mempunyai cita rasa kpi dan juga coklat panas karena dibuat dengan perpaduan espresso, coklat, streamed milk dan juga foam.

Flat White

Jenis menu kopi yang terakhir dan sering dijumpai pada coffeeshop adalah flat white. Jika dilihat dari penampilan, jenis minuman yang satu ini terlihar hampir sama dengan latte dan cappuccino. Hal tersebut dikarenakan kedua jenis minuman ini dibuat dengan bahan utama yang serupa, yaitu espresso dan juga susu. Meskipun demikian, hal yang membedakan flat white dengan menu yang lainnya terdapat pada buih atau foamnya yang lebih tipis.

Setiap orang mempunyai jenis minuman atau cita rasa favorit yang berbeda. Untuk itu, meskipun kamu tidak begitu menyukai rasa pahit pada kopi, kamu dapat mencoba beberapa varian minuman kopi yang disajikan dengan beberapa bahan campuran lainnya seperti yang sudah kamu baca. Selamat mencoba!

  8 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts