Nasi T.O (tutug Oncom) Kuliner Makanan Khas Tasikmalaya, yang Melegenda

Tutug oncom atau yang sering kita kenal dengan Nasi T.O merupakan kuliner makanan khas Tasikmalaya, yang memang makanan asli dari tanah Sunda. Secara bahasa, kata tutug dalam bahasa Sunda artinya menumbuk.Makanan ini adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom yang digoreng atau dibakar.Biasanya disajikan dengan tambahan telur dadar, sambal terasi ,lalapan, serta ikan asin goreng.

Jika dilihat dari sisi history, Nasi T.O (tutug oncom) sendiri merupakan makanan kalangan bawah yang muncul kitaran 1940-an di tanah Sunda.Dalam artian makanan ini sudah ada sejak zaman dulu, sebagai makanan wajib dan turun temurun.

Kini, nasi TO yang dulunya identik sebagai makanan kalangan bawah, seolah-olah naik kelas menjadi makanan elit, dan digemari masyarakat di Tasikmalaya, bahkan Jawa Barat. Nasi tutug oncom banyak kita jumpai di sejumlah rumah makan khas sunda di tanah air. Di Jawa Barat, hampir sebagian besar rumah makan khas sunda menawarkan nasi T.O (tutug oncom) dengan sejumlah varian dan tidak hanya dengan menu telur dadar, ikan asin dan sambal. Kini tutug oncom juga, bisa dicampur dengan ayam goreng atau ayam bakar. Harga nasi T.O (tutug oncom) biasanya dibanderol dengan harga antara Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per porsi.

Dengan begitu, nasi T.O (tutug oncom) menjadi makanan yang cukup diminati oleh setiap kalangan.Karena dari segi manfaatnya, sangatlah baik untuk kesehatan,sumber energi terutama gizi.

  68 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts