MENGENAL UI/UX DESIGN DAN PERBEDAANNYA

Haloo Sobat OSC!!!

Apa kabar teman-teman? Semoga kalian semua selalu diberikan kesehatan ya. Pada artikel ini saya akan berbagi sebagian pengetahuan saya seputar dunia IT khususnya tentang UI/UX Design. Apa sih perbedaan antara UI dengan UX Design? Lalu apa yang dimaksud dengan UI/UX Design? Sebagian besar orang banyak yang mengira bahwa UI/UX Design adalah suatu pemahaman yang sama, padahal itu adalah dua hal yang berbeda. Tetapi, antara UI (User Interface) dan UX (User Experience) memiliki hal yang saling berkaitan. 

Pengertian UX (User Experience)

UX merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan sebelumnya untuk menghasilkan pengalaman yang mudah dan menyenangkan kepada pengguna.Sehinga nantinya produk yang kita develop/buat dapat sesuai dengan kebutuhan serta menjawab permasalahan pengguna selama ini. Beberapa komponen yang termasuk ke dalam user experience adalah fitu-fitur,navigasi pengguna,aspek visual design,wireframe dan aspek interaksi pengguna lainnya.UX juga meliputi ux research & ux writing loh.

Untuk artikel tentang UX Research dan UX Writing akan saya ulas lebih mendalam di next article ya teman-teman, supaya inti artikel kali ini dapat lebih mudah dipahami oleh teman-teman semuanya. Kita lanjut ke pengertian UI (User Interface).

Pengertian UI (User Interface)

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa UI berkaitan erat dengan UX. Jadi pada dasarnya UI merupakan bagian dari UX yang berupa tampilan visual design sebuah sistem yang dapat dilihat langsung oleh mata. Adanya UI memungkinkan adanya interaksi antara pengguna dengan produk. UI bertujuan untuk mempercantik tampilan suatu produk. Selain mempercantik tampilan visual, UI juga berfungsi untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam menggunakan produk dengan cara memberikan kesan pertama yang baik. UI memiliki fokus kepada bagian-bagian tertentu seperti warna,jenis font,gambar,icon,button(tombol), serta komponen visual design lainnya.   

Lalu Apa Yang Dimaksud dengan UI/UX Design?.

UI/UX Design merupakan proses mendesign sebuah aplikasi atau website dengan memperhatikan user interface, yang berfokus pada keindahan tampilan suatu produk serta user experience, yang berfokus pada output(hasil akhir) yang sesuai dengan hasil riset sebelumnya, supaya nantinya produk yang dihasilkan dapat menciptakan pengalaman yang baik dan yang tak kalah penting yaitu dapat menjawab permasalahan pengguna.

Jadi gimana teman-teman? Sekarang sudah mulai paham kan apa yang dimaksud dengan UI/UX Desing.Nah buat  teman-teman yang tertarik tentang IT khususnya di bidang UI/UX Design, tetap stay tuned di artikel-artikel aku selanjutnya ya. Karna di next article nanti aku akan membahasnya lebih dalam lagi. Semoga artikel kali ini dapat bermafaat serta menambah wawasan untuk kita semua. Terimakasih

 

  12 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts