Mengenal Kue Buroncong Khas Makassar

Siapa yang sudah pernah ke Makassar? Pasti di sana kalian mencari tempat wisata, budaya, maupun makanan khasnya. Nah, salah satu makanan khas Makassar yang paling sering kalian dengar adalah coto makassar dan jalangkote. Tapi apakah kalian sudah tahu dengan kue khas satu ini? Yup, ini adalah kue buroncong. Kue ini sangat digemari oleh masyarakat Makassar, tapi sedikit sekali orang luar yang tahu.

Kue buroncong adalah kue khas Makassar yang terbuat dari tepung terigu dengan campuran santan kelapa, parutan kelapa, telur, gula, dan garam. Memiliki bentuk setengah lingkaran mirip dengan kue pukis, kue pancong, kue bandros, dan kue kui-kui. Rasanya yang manis pas dan gurih membuat kue ini disukai oleh banyak kalangan. Serta cara masaknya menggunakan bara api dari arang bukan gas yang membuat rasanya lebih khas. Kue ini juga dinamai kue baroncong atau kue guroncong.

Kue buroncong sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu oleh masyarakat Sulawesi Selatan, saat zaman nenek moyang kita. Tapi masih belum diketahui kapan detailnya kue buroncong ini muncul atau pertama kali dibuat, dan siapa pencetusnya. Walau begitu kue ini masih terjaga kelestariannya. Karena banyak ditemukan berkeliling di kampung-kampung. Bahkan ada yang menetap di beberapa tempat, khususnya tempat wisata seperti Pantai Losari.

Tidak hanya rasa manis saja, terkadang ada penjual yang mengutamakan rasa asin tergantung setiap penjual. Atau kalian bisa mencicipi dua-duanya. Jika penasaran dengan bagaimana rasa kue buroncong, berkunjunglah ke Makassar. Bisa juga sambil liburan di Pantai Losari yang indah dan menakjubkan, yang merupakan salah saru wisata ternama di Makassar. Kalau saya lebih sering beli di depan rumah sakit Ibnu Sina di Jalan Urip Sumoharjo, karena dekat kos wkwkwk.

 

Terimakasih telah membaca, sampai jumpa lagi!

 

Image source: https://makassarkuliner.com/buroncong-makassar-memang-enak/

 

 

  242 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts