Mengenal Brem, Oleh-oleh Unik Khas Madiun

Setiap daerah pasti memiliki keunikan tersendiri, mulai dari budaya kesenian, adat istiadat hingga makanan. Setiap daerah juga pasti memiliki oleh-oleh berupa barang ataupun makanan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Seperti halnya Madiun. Madiun merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki berbagai oleh-oleh khas yang unik, salah satunya yaitu brem. Bagi yang belum tahu, brem merupakan makanan ringan yang terbuat dari sari ketan dan berwarna putih sedikit kekuningan dengan rasa manis, sedikit asam dan dingin. Berbeda dengan brem dari daerah lain, brem Madiun berbentuk balok.

Brem juga dikenal sebagai minuman asal Bali. Brem Bali dan brem Madiun merupakan jenis brem yang berbeda namun berbahan dasar sama yaitu air tape ketan yang difermentasikan dan diendapkan selama sehari semalam. Ketika dimakan, brem Madiun memiliki sensasi dingin dan akan lumer seperti air. Meskipun banyak yang tidak suka brem karena mengandung alkohol, namun nyatanya brem memiliki banyak manfaat untuk kesehatan antara lain:

1. Mengurangi resiko penyakit berbahaya

Mengonsumsi brem dapat mengurangi resiko penyakit berbahaya karena kandungan alkohol di dalamnya dapat membuat aliran darah di pembuluh darah menjadi lancar. Selain itu, brem juga dapat mengurangi timbunan lemak dalam pembuluh darah sehingga terhindar dari kadar kolestrol tinggi yang menyebabkan stoke.

2. Memproduksi hormon dalam tubuh

Kandungan alkohol di dalam brem jika tidak dikonsumsi secara berlebihan dapat menstimulasi produksi hormon akibat aliran darah yang lancar di pembuluh darah. Oleh karena itu, sistem metabolisme dapat optimal.

3. Mempercepat regenerasi sel

Mengonsumsi brem dalam jumlah yang wajar dapat mempercepat pertumbuhan kembali sel-sel kulit mati sehingga sel-sel kulit yang baru dan sehat dapat terbentuk.

4. Sumber tenaga

Selain alkohol, brem juga mengandung gula alami yang berasal dari sari ketan yang dapat menjadi sumber tenaga bagi tubuh.

Selain beberapa manfaat di atas, masih banyak lagi khasiat dari brem jika dikonsumsi dalam batas wajar. Bagi kalian yang ingin merasakan oleh-oleh unik yang satu ini, tidak ada salahnya untuk mencoba brem. Harga satu kotak brem sekitar 13.000 - 20.000 rupiah yang berisi 5 balok brem, tergantung pada merk yang dipasarkan.

Semoga Bermanfaat!

 

Sumber gambar: lazada.co.id

  99 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts