Masjid 99 Kubah Asmaul Husna Makassar

Masjid 99 Kubah Asmaul Husna Makassar

 

By M Kurniawansyah R

 

Makassar merupakan ibukota dari Sulawesi Selatan dan menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia.Makassar terkenal juga sebagai salah satu pusat perdagangan,wisata bahkan kulinernya.Selain kuliner dan wisata yang terkenal di Makassar,terdapat juga bangunan yang tidak kalah populernya.

Salah satu ikon dari Kota Makassar yang bisa teman-teman kunjungi yaitu Masjid 99 Kubah.Masjid ini terletak di dekat tepian pantai Losari di Makassar,tepatnya berada di Kawasan CPI (Center Point of Indonesia) dan masjid ini memiliki puluhan kubah diatasnya.Kubah-kubah yang berbagai ukuran dimulai dari  yang kecil hingga yang besar sehingga semua menghiasi bagian atas masjid.

Diketahui bangunan masjid ini merupakan rancangan dari Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, Bapak Ridwan Kamil yang terletak di lahan reklamasi pesisir Pantai Losari.Bangunan masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 72 meter x 45 meter dengan warna masjid ini dominan dengan warna cerah seperti, merah, oranye, dan kuning.

Dengan luas yang begitu besar,masjid ini tidak membutuhkan pendingin udara karena memiliki konsep ruang terbuka dan sirkulasi udara yang baik.Masjid ini memiliki tiga bagian yang bisa digunakan Jemaah yaitu ruang sholat,ruang mezzanine dan pelataran suci yang diperkirakan bisa menampung sekitar 10 ribu Jemaah

Masjid ini terkenal dengan nama Masjid 99 Kubah yang memang jumlah kubah terdapat pada masjid ini dan Kubah ini juga ditata  rapi bertingkat.Jumlah 99 diambil dari Asmaul Husna yang merupakan nama nama Allah  dan menjadikan masjid ini memiliki arsitektur yang menawan.

Masjid 99 Kubah mulai didirikan pada 12 Maret 2022 lalu dan diresmikan penggunaanya di awal 2022.Dengan arsitektur yang begitu menawan,Masjid 99 Kubah ini dibangun dengan APBD Sulsel.Dilansir dari beberapa sumber bahwa Masjid 99 Kubah Makassar akan menjadi 30 masjid terunik di dunia. Masjid terbesar di Sulawesi Selatan ini juga masuk daftar 10 masjid terunik di Indonesia.

Buat teman-teman OSC yang berkunjung ke Makassar mungkin bisa menyempatkan ke kawasan CPI (Center Point of Indonesia) rasanya akan kurang kalau tidak melihat bangunan Masjid 99 Kubah yang menawan.Pelataran masjid yang luas bisa digunakan untuk berfoto ria dengan berpadu latar belakang Pantai Losari yang indah akan membuat foto teman-teman menjadi lebih cantik.

 

Sumber Gambar : Beritakotamakassar.com               

                Celebes.co

                              Kubahmasjid.com

  9 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts