makanan khas daerah malang, jawa timur

Kota Malang menyuguhkan banyak sekali kuliner khas yang wajib dicoba, salah satu contohnya adalah Bakso Malang.

Sebelumnya, kita harus mengetahui apa itu bakso? Bakso adalah jenis bola daging yang biasanya terbuat dari campurang daging sapi giling dan tepung tapioka.

Bakso Malang adalah hidangan bakso yang banyak ditemui di Malang, Jawa Timur yang merupakan salah satu wisata kuliner terkenal di Malang. Layaknya primadona, wisata kuliner Malang ini banyak dijajakan di berbagai kota mulai dari pedagang kaki lima, kios, warung, depot, bahkan restoran. Sehingga wisata kuliner Malang yakni Bakso Malang tidak sulit dicari. Sajian Bakso Malang juga sudah mulai dikreasikan hingga memiliki ciri khas sendiri untuk menarik minat pembeli. Bakso Malang sangat nikmat saat dimakan pada musim hujan apalagi disantap selagi masih hangat.

Mirip dengan hidangan bakso pada umumnya yang berisikan bakso dari daging, yang telah dibentuk menjadi bulat-bulat, dengan tambahan kuah hangat dan terdapat sayuran, serta tambahan mie, dan tetelan. Bedanya, Bakso Malang memiliki isian yang komplit. Dimulai dari baksonya sendiri, tahu putih dan tahu coklat, serta siomay. Dan ciri khas dari kuliner satu ini, yaitu ada bakwan malang yang renyah. Tambahannya adalah kuah hangat yang gurih ditaburi dengan daun bawang dan seledri serta bawang goreng.

Bakso Malang ini memiliki bakso berukuran kecil dengan warna yang sedikit kecoklatan dan teksturnya yang sangat lembut. Disajikan seperti pada bakso umumnya di dalam mangkuk. Ketika Bakwan Malang disiram dengan kuah kaldu sapi bening yang hangat, akan berubah tekstur yang awalnya renyah menjadi lembek dan ketika disantap masih terasa kressnya, dan sama sekali tidak menghilangkan rasa nikmatnya.

Ada juga tahu putih dan tahu coklat yang memiliki isian siomay yang lembut dan gurih. Tidak hanya itu saja, Bakso Malang ini juga memiliki siomay yang terbuat dari isian daging cincang dan dibalut dengan kulit pangsit yang tebal. Pangsit yang memiliki isian somay ini disajikan dalam dua bentuk, yaitu ada yang di goreng dan ada juga yang di rebus.

Berbagai varian bakso tersedia di Malang, mulai dari bakso yang dijajakan di gerobak hingga di restoran. Tapi, sekarang kita bisa temukan Bakso Malang di daerah tempat kita tinggal. Hanya saja Bakso Malang memiliki harga yang berbeda-beda di setiap daerah namun tetap terjamin murah dan dapat di beli oleh kalangan mahasiswa.

Wahh, ada banyak sekali jenis-jenis isian yang terdapat pada Bakso Malang dan harganya juga sangat murah. Jadi, jika teman-teman pergi ke Malang jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini, dijamin tidak akan menyesal dan malah ketagihan.

Sumber foto:https://travel.tribunnews.com/2021/08/18/5-tempat-makan-bakso-dekat-stasiun-malang-coba-makan-siang-ala-steamboat-di-bakso-gun

 

  31 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts