Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

Halo Sobat OSC! Sebelumnya aku ingin mengucapkan selamat kepada teman-teman yang telah berhasil lolos ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, atau bahkan UM di setiap PTN! Selamat atas segala perjuanganmu, jerih payahmu dan doa baik yang selalu kamu panjatkan. Dan bagi teman-teman yang belum berhasil mencapai Perguruan Tinggi impian, kamu telah melakukan yang terbaik dan Tuhan memiliki rencana yang lebih baik untuk kamu. Percaya itu. Aku pernah membaca sebuah artikel, "Impianmu tidak boleh membusuk hanya karena kamu tidak kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Masih banyak tempat lain yang layak menampung orang-orang dengan cita-cita luhur sepertimu." Jadi...Tetap semangat teman-teman!

Sekarang aku ingin memberi tahu Sobat OSC skill penting apa yang harus dimiliki Mahasiswa Baru sebelum masuk perkuliahan. Eitz, jika kamu sudah memiliki 6 skill penting ini dijamin perkuliahan kamu akan lancar sampai kamu lulus lho!

Adaptability

Atau kemampuan beradaptasi. Ini penting banget lho Sobat OSC, apalagi buat para Maba yang sebentar lagi akan masuk perkuliahan. Dengan adanya kemampuan beradaptasi ini kita menjadi lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus yang tentunya berbeda dengan lingkungan sekolah.

Public Speaking

Kemampuan komunikasi. Dengan kemampuan komunikasi ini kita mampu berbicara di depan banyak orang dan menyampaikan informasi yang dapat dimengerti. Misalnya ketika kita melakukan presentasi di depan kelas dengan kemampuan komunikasi ini kita dapat berbicara di depan banyak orang dan menyampaikan pendapat yang tentunya dapat dimengerti. Jadi jangan lupa ya Sobat OSC sebelum perkuliahan dimulai Sobat OSC mulai berlatih public speaking dari sekarang ya!

Time Management

Manajemen waktu? Yah, selama perkuliahan diperlukan manajemen waktu agar kita tidak kesulitan mengatur waktu dengan jadwal kegiatan yang padat. Misalnya jadwal kuliah, rapat organisasi kampus, dan banyak lagi. Nah Sobat OSC dengan manajemen waktu ini kita bisa mengatur waktu atau menyesuaikan waktu dengan jadwal kegiatan tersebut.

Critical Thinking

Critical thinking atau berpikir kritis. Dengan kemampuan berpikir kritis kita dapat memecahkan suatu masalah dengan cara yang logis, menemukan jawaban atas setiap masalah yang kita hadapi dan pengambilan keputusan yang tepat.

English Language

Mengapa bahasa Inggris? Karena dalam dunia perkuliahan nanti kita akan sering mendapatkan tugas atau bahkan materi perkuliahan yang menggunakan bahasa inggris. Jadi Sobat OSC harus mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris mulai dari sekarang ya!

Tahu Penggunaan Microsoft Office

Sobat OSC pasti sudah tidak asing lagi dengan Microsoft word, excel, dan powerpoint. Mengetahui penggunaan microsoft word, excel, dan powerpoint dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan lho.

Nah, itulah 6 skill penting yang harus dikuasai Maba sebelum memasuki perkuliahan. Sobat OSC sudah menguasai skill apa saja nih? Sudah siap dengan dunia perkuliahan? Semangat!

  464 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts