Loofah, Si Spons Ramah Lingkungan Dari Buah Oyong

Halo, sobat OSC!

Siapa disini yang pernah makan sayur oyong atau gambas?

Memiliki nama ilmiah Luffa dan termasuk ke dalam keluarga labu-labuan. Buah oyong yang masih muda dapat dimakan biasanya diolah menjadi sayur bening dan memiliki tekstur lembut. Siapa sangka bahwa tanaman ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai spons ramah lingkungan, lho.  Loofah namanya. 

Seperti Ini Tampilan Buah Oyong Muda

Spons ini dapat digunakan sebagai spons mandi dan juga bisa untuk mencuci piring. Loofah sendiri merupakan oyong atau gambas yang sudah tua, kering dan sudah tidak dapat di konsumsi.  Loofah sendiri mudah didapatkan di e-commerce dengan harga yang terjangkau dan juga banyak macam produk jadi loofah. Loofah juga dapat dijadikan alternatif pengganti spons berbahan dasar plastik. 

Ini Dia Buah Oyong Yang Sudah Tua

Cara pemakaiannya pun mudah. Jika kamu membeli loofah yang masih utuh, maka kamu perlu memotongnya dahulu sesuai kebutuhan atau sesuai dengan genggaman tangan kamu. Setelah itu, basahi loofah dengan air. Spons ini akan lembut dengan sendirinya setelah terkena air dan loofah siap digunakan seperti menggunakan spons pada umumnya. 

Setelah selesai digunakan pastikan untuk mengeringkan loofah untuk menghindari berkembangnya bakteri dan simpan di tempat yang kering atau digantung. Gantilah spons loofah ini secara berkala, jika loofah sudah berubah warna atau berbau. 

Seperti Ini Produk Jadi Dari Loofah (Scrub)

Kamu juga bisa membuat loofah sendiri di rumah, lho! Kamu hanya perlu 3 bahan saja, yaitu : oyong atau gambas yang sudah tua dan kering, air dan wadah. Pertama, kamu perlu mengeluarkan biji-biji di dalam oyong kering itu. Kedua, rendam oyong kering di dalam wadah berisi air untuk memudahkan mengupas kulitnya. Tapi, kamu pun juga dapat mengupas kulitnya tanpa harus merendamnya terlebih dahulu. Ketiga, bilas lagi menggunakan air bersih dan jemur sampai kering.   

Itulah tadi penjelasan seputar loofah, alternatif pengganti spons plastik buat kamu yang mau memulai kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan. Selamat mencoba!

  115 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts