Lontong Khas yang dari Rembang Jawa Tengah

Rembang merupakan daerah yang memiliki daerah pesisir, tepatnya di pesisir utara jawa. Banyak masyarakat Rembang yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, dan juga petani. Rembang sendiri memiliki makanan khas yang sudah dikenal diluar daerah Rembang. Yaitu Lontong Tuyuhan, untuk warga Rembang dan sekitarnya hidangan ini tidaklah asing. Awal dinamakan Lontong Tuyuhan adalah karena makanan ini berasal dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang.

Makanan ini merupaka makanan yang berkuah dan bersantan.  Lontong Tuyuhan ini berupa irisan lontong yang disiram dengan kuah kental bersantan dan pedas. Namun lontongnya berbeda dengan biasanya , karena Lontong Tuyuhan memiliki bentuk segitiga. Tidak ada sayur-mayur yang disertakan dalam masakan ini. Melainkan hanya perpaduan lontong yang lembut dengan opor ayam yang gurih yang dapat menambah selera makan. Dan juga aroma rempah-rempah dan bumbu terasa sampai akhir. Bentuk lontong segitiga memiliki arti sendiri. Segitiga memiliki tiga sudut runcing, pada lontong ini artinya adalah tiga tujuan cinta yakni cinta kepada Tuhan, cinta kepada alam, dan cinta kepada sesama mahluk hidup.

Sepintas Lontong Tuyuhan seperti opor ayam tapi memiliki rempah yang sangat kuat, dan untuk rasanya sangat kuat dan pedas. Makanan ini memiliki warna kuning yang kental karena pengaruh bumbu yang banyak. Makanan ini terdiri dari berbagai bumbu antara lain: bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, daun jeruk, laos, cabai, garam, pala, kunyit, dan jahe. Selain ayam ada jua tahu dan tempe sebagai pelengkap dari Lontong Tuyuhan ini.

Lontong Tuyuhan ini dijual dengan cara dipikul  yang terbuat dari rotan. Jika teman teman ingin menikmati dan mencicipi makanan ini dapat ditmukan dilapak lapak kecil disepanjang jalan Pancur dengan harga Rp15000, an. Murahkan enak tidak perlu mahal. Santan Lontong Tuyuhan adalah jawbannya.

  53 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts