Kue Rambut Makanan Khas NTT

Indonesia merupakan negara kepulauan. Salah satunya adalah Pulau Alor, terletak di ujung timur matahari berbatasan langsung dengan Timur Leste. Meski cukup susah dijankau, namun pulau  Alor  menyimpan begitu banyak objek wisata yang membuat kita takjub melihatnya. Namun tak hanya itu Pulau Alor juga memiliki banyak kuliner yang hanya terdapat disana.

Salah satunya adalah kue rambut. Sesuai dengan namanya kue ini berbentuk seperti rambut yang terbakar karena warnanya yang oranye hingga kecoklatan. Kue rambut dibuat dengan campuran tepung beras, gula merah, air, garam dan minyak. Agar kue itu berbentuk seperi rambut maka adonan tersebut di cetak dengan menggunakan tempurung kelapa atau kaleng yang sudah di  lubangi. Minyak yang digunakan untuk mengorengnya pun harus banyak dan sangat panas agar adonan yang di cetak itu tidak rusak.

Kue rambut merupakan salah satu cemilan yang istimewa karena biasanya menjadi hidangan di acara-acara khusus. Bentuknya yang unik, rasanya manis dan  guri apa lagi dengan secankir kopi yang menemani membut kita semakin ingin untuk menikmatinya. Untuk mendapatkan kuliner ini, kamu bisa langsung berkunjung ke Pulau Alor, tepatnya di Pasar Kadelang yang berada di Kalabahi. Bisa juga langsung menikmatinya di tempat.

Kuliner ini cukup awat disimpan dalam toples yang tidak kedok udara, sehigga dibawa kemana-mana kuliner tersebut tidak rusak dan hancur. Maka dari itu kuliner ini sangat cocok dijadikan sebagi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Terimakasih, semoga bermanfaat

Sumber Referensi : https://food.detik.com/info-kuliner/d-2576016/jawada-kue-rambut-yang-renyah-manis-khas-nusa-tenggara-timur

  468 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts