Kota Kecil Di pinggir Pulau Sumatera

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Sibolga adalah kota terkecil yang ada di Indonesia. Kota ini sendiri terletak di pantai barat pulau Sumatera di Teluk Tapian Nauli yang berjarak sekitar 350 km dari Kota Medan. Kota ini dibangun pada masa kolonial Belanda sebagai pelabuhan niaga antar pulau maupun negara dan sempat dijadikan sebagai Ibu Kota Keresidenan pada masa Hindia Belanda. Asal muasal kota ini diberi nama Sibolga, ketika seorang pemuda batak bermarga hutagalung datang dari daerah Silindung dan melihat bentangan laut yang amat luas dari daerah ini dan iya berucap Balga nai..... yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia yang berarti besar atau luas. sejak saat itu daerah ini diberi nama Sibolga.

Kota ini sendiri hanya memilki luas berkisar 10,77 kmdengan jumlah penduduk berkisar 89.584 jiwa (pada sensus penduduk 2021). Kota ini dijuluki sebagai "KOTA IKAN" karena masyarakat kota ini mayoritas adalah nelayan. Semboyan dari kota ini sendiri adalah NEGERI BERBILANG KAUM, hal ini dicerminkan dari banyaknya suku yang mendiami kota ini, seperti suku Batak, Minang, Tionghoa, Nias, Jawa, dan lainnya. 

Kota ini sendiri juga terkenal karena Wisata Baharinya yang fenomenal. Salah satunya adalah Pulau Kalimantung, pulau yang dijuluki Maldivesnya Indonesia. Pulau yang diciptakan tuhan dengan sangat detail, indah, dan menawan. Pasir putih yang menghiasi pinggiran pulau serta air laut yang jernih menampilkan ikan ikan yang sedang berenang dengan riang. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kota ini karena keindahan pantai yang memanjakan mata, aut yang terbentang begitu luas menampilkan betapa indahnya ciptaan tuhan melalui kota ini. Tidak hanya untuk berselancar ataupun berenang dilaut bebas, tetapi kita juga dapat menikmati keindahan matahari tenggelam di ujung laut melalui kota ini.

Beralih dari keindahan yang memanjakan mata, cita rasa yang memanjakan lidah juga tidak kalah di kota ini. Kita dapat menjumpai berbagai kuliner di daerah yang disebut penduduk sekitar sebagai "SIBOLGA SQUARE" surganya pecinta kuliner yang buka mulai dari sore sekitar pukul 5 sore hingga dini hari. Di sana terdapat berbagai jenis makanan yang dapat memanjakan lidah penikmatnya. 

sebagai orang yang lahir dan besar didaerah itu, saya bangga dengan ciptaan tuhan salah satu ini. mulai dari penduduk yang ramah, keindahan memanjakan mata, dan juga kuliner yang amat sangat luar biasa menurut saya. jika bandung tercipta ketika tuhan sedang tersenyum, maka sibolga tercipta ketika tuhan sedang riang dan bahagia. 

 

 

 

pict by : Rahma Jelita Sibarani

  61 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts