Kopi Klotok Yogyakarta Wisata Kuliner Yang Wajib Dikunjungi!

Kopi klotok merupakan destinasi yang yang wajib banget dikunjungi ketika berada di yogyakarta. Walaupun kopi ini bukan merupakan kopi yang modern seperti yang sedang ramai peminat, tetapi kopi ini memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri, yang menjadikan wisatawan berusaha menyempatkan waktu untuk datang berkunjung ke kopi klotok yogyakarta.

Ketika saya sendiri mengunjungi kopi klotok ternyata wisatawan yang datang sangat ramai, mengharuskan untuk mengantri yang panjang, tetapi tidak berlangsung lama sekitar 15-20 menit sudah dapat masuk ke rumah joglo yang berisi menu-menu berupa prasmanan makanan rumahan, antara lain ada nasi megono, sayur lodeh, sayur asam, telur dadar, dan yang paling terkenal adalah kopi klotoknya serta pisang goreng sebagai pasangan hidangan kopi klotok.

Warung Kopi Klotok ini ternyata tak pernah sepi. Warungnya terdiri dari tiga bagian yaitu ruangan indoor yang berbentuk joglo limasan, area setengah terbuka dan area terbuka tempat orang menggelar tikar dan piknik menikmati angin sepoi-sepoi dengan pemandangan Gunung Merapi.

Kopi Klotok yang jadi andalan di sini ternyata diseduh dengan cara yang masih traditional. Awal dari istilah klotok ialah ternyata berawal dari bubuk kopi yang dimasak dengan panci panas kemudian disiram air hingga mendidih sehingga menghasilkan bunyi “klotok-klotok”, dan dari inilah lahir istilah kopi klotok.

Kopi klotok punya rasa pahit khas kopi tubruk, berwarna hitam pekat. Paling nikmat diminum saat panas. Apalagi porsinya pas, secangkir kecil. Minum kopi klotok di sini sangat nikmat, karena ditemani pemandangan yang asri suasana khas pedesaaan, ditambah dengan makan menghadap persawahan yang luas. Itulah hal yang menjadi daya tarik dari kopi klotok yogyakarta.

  12 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts