KETAHUI MANFAAT SERAT PANGAN UNTUK TUBUH

Halo sobat OSC!

Ketika masa kanak-kanak, orang tua kita sering menyuruh kita untuk makan sayuran dan buah-buahan, bukan? Sayuran dan buah-buahan telah terbukti memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Zat gizi mikro yang terkandung di dalamnya mulai dari vitamin, mineral, dan serat. Tak ayal, orang tua membiasakan kita sejak kecil untuk mengonsumsi beragam buah-buahan dan sayuran setiap hari.

Di artikel ini, kita akan membahas mengapa mengonsumsi makanan yang berserat itu penting. 

Kata serat tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Namun apa sih serat pangan itu?

Serat pangan merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang kompleks. Di dalam sistem pecernaan, serat pangan memiliki sifat tahan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus karena enzim-enzim pencernaan tidak dapat menghidrolisis serat serta mengalami fermentasi di usus besar.  Serat pangan banyak ditemukan pada sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang mengandung hemiselulosa, selulosa, lignin, oligosakarida, pektin, gum, dan lapisan lilin. Kebutuhan serat pada usia dewasa ±30 gram per hari. 

Jenis serat dibagi menjadi serat larut air dan serat tidak larut air. Serat pangan larut (soluble dietary fiber) dan serat tidak larut (insoluble dietary fiber). Serat pangan larut terdiri dari pektin dan gum yang dapat ditemukan pada sayur dan buah, sedangkan serat tidak larut terdiri dari selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang banyak ditemukan pada serealia, kacang-kacangan dan sayuran.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi serat memiliki banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya:

Mengontrol berat badan dan mencegah obesitas

Hal ini dikarenakan serat larut air seperti pektin dan hemiselulosa dapat menahan air dan membentuk cairan kental dalam saluran pencernaan sehingga waktu cerna makanan lebih lama dalam lambung. Serat menarik air dan memberi rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah mengonsumsi makanan berlebih, sehingga obesitas dapat dicegah.

Penanggulangan penyakit diabetes

Makanan yang mengandung serat kasar biasanya memiliki kalori rendah, kadar gula rendah dan lemak rendah. Maka dari itu, setiap makan makanan yang berserat dapat mengontrol kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi.

Mencegah gangguan pencernaan

Mengonsumsi serat yang cukup dapat memperlancar saat buang air besar.

Mencegah kanker kolon (usus besar) Mengurangi tingkat kolesterol dan penyakit kardiovaskuler

Jadi bagaimana Sobat OSC? Jadi lebih tahu, kan tentang pentingnya mengonsumsi serat bagi tubuh! 

Mulai sekarang, biasakan makan makanan yang mengandung serat tinggi dan mengurangi makanan fast food ya Sobat!

  4 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts