Keindahan Wisata Gunung Kayangan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hallo semua!! Apa kabar? Semoga tetap sehat ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Keindahan dari Wisata Gunung Kayangan.

Gunung Kayangan merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tanah laut. Gunung Kayangan ini berada di tengah jalan raya yang diapit Jalan A Yani dari arah Banjarmasin atau ke arah Banjarmasin. Tulisan TANAH LAUT di Gunung Kayangan ini sempat hilang salah satu hurufnya namun kemudian diperbaiki oleh Pemkab Tanah laut.

Tempat wisata ini sebenarnya adalah sebuah bukit tinggi yang hampir menyerupai gunung. Namun, warga sekitar menyebutnya sebagai gunung. Tingginya tidak terlalu tinggi sehingga jalur pendakiannya sangat mudah. Apalagi jalan menuju ke puncaknya sudah diaspal dan tanjakannya pun bisa dikatakan landai. Menurut cerita penduduk sekitar, dinamakan Kayangan, konon dahulu banyak orang yang sering melihat kereta kencana atau kereta kayangan terbang dan menghilang di bukit ini. Oleh sebab itu, mereka menamakan wisata ini Kayangan.

Masuk ke destinasi ini, pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali. Mungkin dikenai biaya parkir sebesar kurang lebih Rp 2.000. Ada baiknya Anda ke sini menggunakan motor atau mobil karena dari gapura pintu masuk kita harus melewati jalan berkelok dan tanjakan yang cukup tinggi untuk sampai ke bukit Kayangan. Sepanjang menaiki bukit, di samping kanan dan kiri jalan tertata rapi pepohonan hijau dan rimbun khas perbukitan. Tiupan angin sepoi-sepoi akan langsung menyambut pengunjung.

Keindahan alam dan kesegaran udara dari atas Bukit Kayangan tentu sangat membuat sejuk mata. Pengunjung dapat melihat perkebunan sawit yang tersusun rapi, mobil dan motor di jalan raya bagaikan semut yang sedang merayap, dan di kejauhan juga terlihat kota Banjarmasin. Bukit Kayangan ini difasilitasi lengkap oleh pemerintah daerah setempat dengan fasilitas seperti musholla, kamar mandi, warung-warung, bahkan tempat bersantai serta aula. Di Bukit Kayangan juga dibuat tulisan besar nama kabupaten Tanah laut seperti Hollywood di Amerika, sehingga menjadikan tempat ini lokasi yang cocok untuk bersantai dan berfoto.

Kelebihan wisata Gunung Kayangan juga tidak terlalu jauh dari Kota Banjarmasin yakni sekitar satu jam setengah dengan kendaraan bermotor. Gunung Kayangan dikenal juga sebagai titik pantau untuk melihat kawasan sekitar. Hamparan kebun kelapa sawit, kebun jagung dan pepohonan membuat mata memandang menjadi lebih segar. Namun kekurangannya, posisi gunung kayangan ini tidak begitu tampak dari jauh karena tertutup oleh pepohonan dan semak belukar sehingga cukup sulit untuk mengabadikannya dalam sebingkai foto.

Nah, itu tadi teman-teman pembahasan sekilas mengenai tempat wisata gunung kayangan. Mohon maaf ya bila ada ketidaksesuaian pada artikel ini dengan cerita yang ada. Terima kasihh.. Sampaii Jumpaa…

  39 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts