Kampung adat kuta

Sejarah Kampung Adat Kuta, dalam cerita Sunda dulu diceritakan tentang lokasi yang batal untuk dijadikan sebagai ibu kota Kerajaan Galuh. Nama lokasinya adalah Kuta Pandak, atau disebut juga Kuta Jero. Nah, masayarakat Ciamis percaya, menduga bahwa ibu kota yang tidak jadi tersebut adalah Kampung Adat Kuta.

Sejarah penamaan Kampung Adat Kuta merujuk kepada lokasi Kampung Adat Kuta yang terletak di sebuah lembah, yang dikelilingi oleh tebing, dan perbukitan. Kondisi tersebut layaknya membentuk sebuah pagar alami. Dalam istilah Sunda, makna kata Kuta berarti sebuah pagar, yang menjadi ciri khas Kampung Adat Kuta terletak pada kearifan lokalnya. Dari mulai tradisi, hingga arsitektur rumah adat. Seluruh rumah Kampung Adat Kuta mempunyai aturan khusus terutama dari sisi atapnya yang harus menggunakan ijuk. Bentuk bangunanpun harus persegi, panggung, dan tidak diperbolehkan menggunakan bahan yang permanen. Selain itu, ada juga hal-hal prinsip yang tidak boleh dilanggar oleh masyarakat Kampung Adat Kuta. Tidak boleh berpakaian serba hitam, penduduk yang meninggal, harus dimakamkan di luar area Kampung Adat Kuta, dilarang mengunjungi tempat keramat saat hari Senin, dan Jumat, bentuk rumah harus persegi, rumah panggung, dengan bahan dasar kayu, bambu, dan ijuk. Di waktu tertentu, di kawasan Kampung Adat Kuta selalu dilaksanakan beberapa acara yang mecerminkan kekhasan kampung tersebut. Salah-satu acara yang terkenal adalah Ngulah.

Kampung Adat Kuta menjadi sebuah gambaran bahwa hampir di setiap daerah mempunyai kelompok masyarakat yang masih memegang erat tradisi, adat istiadat, yang sudah ada sejak jaman dahulu, perbedaan dengan beberapa kampung adat lainnya, bahwa Kampung Adat Kuta terbuka dengan beberapa kemajuan jaman. Salah-satunya bisa terlihat dari pemakaian listrik. Tetapi, ada hal-hal prinsip yang tidak boleh dilanggar oleh masyarakat Kampung Adat Kuta. Lokasi dan alamat Kampung Adat Kuta, terletak di sebelah Selatan, dan sebelah Timur Sungai Cijolang, Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Harga tiket masuk Kampung Adat Kuta adalah gratis. Jam buka Kampung Adat Kuta Tidak ada ketentuan resmi terkait jam operasional, waktu buka, dan tutupnya Kampung Adat Kuta. Hanya saja terdapat aturan memasuki area yang dikeramatkan pada hari Senin dan Jumat.

Sumber foto: dePost. ID
  12 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts