Kalau lagi ke bogor jangan lupa beli ini!

Source picture : garnesia.com

Talas merupakan salah satu umbi-umbian yang terkenal di Indonesia. Tanaman dengan nama latin colocasia esculenta L ini sering kali dijadikan buah tangan ketika seseorang pulang dari kunjungannya ke kota Bogor. Umbi atau bagian akar talas sering dijajakan ditepi jalan kota hujan tersebut yang dijual dalam jumlah tiga hingga sepuluh umbi dalam satu ikat.

Talas merupakan tumbuhan yang begitu melimpah di Bogor. Sebagai umbi yang sudah populer, selain dimanfaatkan untuk makanan cemilan, talas Bogor juga dapat dibuat tepung.  Tepung talas dapat diolah untuk membuat makanan, salah satu makanan dengan berbahan  utama dari tepung talas adalah Lapis Bogor Sangkuriang.

Tumbuhan berdaun asal Asia Tenggara ini biasa tumbuh dengan tinggi 0,4 meter hingga 1,5 meter. Dengan bunga yang terletak dalam tongkol ketiak daun, tangkainya umumnya memiliki panjang sekitar 15 hingga 16 cm.

Di Bogor bagian umbi talas biasa dimakan sebagai camilan dengan cara digoreng atau dikukus. Parutan kelapa dan potogan gula aren pun dijadikan sebagai pendamping agar nikmat untuk dinikmati.

Inovasi akan talas pun banyak dilakukan sehingga saat ini muncul beragam produk modifikasi talas yang siap dijadikan oleh-oleh. Beberapa di antaranya seperti lapis talas, pie talas, bika talas,

Sudah sejak dahulu, talas dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Kota Bogor dalam bentuk mentahan dan terdiri dari beberapa buah dalam seikat. Namun kini, talas yang cukup identik dengan makanan khas pedesaan sudah mulai dikembangkan ke dalam beberapa olahan yang dapat meningkatkan nilai jual dan cita rasa berbeda dari talas. Salah satu olahan talas yang cukup menarik.

Beberapa manfaat talas akan kesehatan organ dalam tubuh adalah untuk mencegah kanker, menyembuhkan diabetes, menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem immun, menjaga kesehatan kulit, menjaga keehatan jantung, mengatasi anemia, mengatasi lelah, menghambat penuaan dini, melancarkan pencernaan, memperbaiki masalah di usus, mengatasi nyeri otot dan sendi.

Selain untuk kesehatan didalam tubuh, talas juga bermanfaat untuk kecantikan. Beberapa manfaat yang talas berikan antara lain mengatasi kulit kering, mencerahkan kulit, melembutkan kulit dan mengencangkan kulit.

 

 

  139 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts