Jalakotek Jajanan Khas Kota Angin

Hallo Sobat OSC, kali ini saya akan menceritakan salah satu jajanan khas di kota kami, yaitu kota Majalengka atau biasa disebut dengan Kota Angin. Nah tentunya setiap daerah mempunyai bermacam-macam jajanan khas, betulkan sobat? Yups pastinya betul, seperti contohnya jajanan khas di kota kami yang sangat populer dikalangan masyarakat milenial yaitu Jalakotek. Nah seperti apa jalakotek itu? Yuk baca artikel ini sampai selesai.

            Jalakotek, mungkin saja tidak sedikit yang penasaran bersama tipe makanan khas Majalengka yang satu ini. Apa itu jalakotek? Jalakotek itu wujudnya seperti pastel yang kulitnya terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung tapioka (aci) seperti cireng aneka isi  namun jalakotek memiliki isian khusus yaitu isi tahu super pedas mercon, pada akhirnya bahan isian jalakotek berkembang tidak cuma isi tahu, sekarang ada jalakotek isi ayam pedas, jalakotek isi bihun, isi sayur, ubi jalar, dll. Tak sembarang orang mampu menciptakan jalakotek atau jalkot yang akhirnya sempurna, di perlukan keahlian khusus lantaran apabila retak kulit jalakoteknya dapat tidak sukses. Berikut cara simple membuat jalakotek ala rumahan:

Bahan Kulit :

1/4 gram tepung tapioka/kanji secukupnya 100 gram tepung terigu

Bahan Isian :

Tahu, potong kecil (boleh tahu putih atau tahu kuning) Wortel, potong kecil Cabe rawit/cengek mengikuti selera pedas Bawang putih, potong kecil Garam Gula Merica Air panas

Cara Membuat Jalakotek Isi Tahu :

Campur tepung tapioka, dan terigu dengan garam. Beri air panas, uleni hingga bisa dibentuk. Tumis bawang putih, wortel, rawit dan tahu. beri garam lada gula. cicipi. Bentuk adonan menjadi bulat, pipihkan lalu isi dengan tahu dkk. tutup dan rapatkan tepian adonan. kulit, hingga terbentuk seperti pastel. Goreng sampai matang. Sajikan.

            Sebagai sentuhan akhir, setelah siap saji camilan ini diberi taburan asin dan pedas di atasnya. Jalakotek mudah dijumpai di area sekolah dan pusat jajanan khas Majalengka. Nah bagi teman-teman yang main ke majalengka jangan lupa untuk mencoba jajanan khas yang satu ini, jalakotek.

 

Sumber: https://www.suara.com/lifestyle/2022/02/17/204012/7-makanan-khas-majalengka-yang-wajib-dicoba-rasanya-nendang-dan-bikin-ketagihan

 

Sumber Gambar: https://cookpad.com/id/resep/7529663-jalakotek-khas-majalengka

  40 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts