intip Makanan Khas Lombok!

Halo sobat OSC! Liburan akhir tahun tak terasa sudah berakhir dan kita akan memulai tahun ajaran baru. Sobat, berdasarkan pengalaman liburan kemarin di Lombok bukan hanya pemandangannya yang seru tapi makanan kuinernya juga. Ini daftar kudapan yang mesti kita coba saat berada di lombok nantinya. Catatan pentingnya, makanan ini tak akn didapat di tempat lain loh, hanya ada di lombok, terutama di Lombok Utara. Yuk kita simak!

1. Ayam Taliwang

Ayam taliwang adalah makanan paling khas Lombok. Bukan cuma ayam panggang biasa, ini ayam yang ukurannya kecil dan dipanggang dengan bumbu-bumbu khas Lombok. Ayam taliwang biasanya disajikan dengan lalapan segar yang disebut dengan beberuk. Beberuk segar ini terbuat dari terong hijau, kacang Panjang, tomat, cabai, dan ada urep kelapa yang membuat ayam taliwang makin lebih renyah.

2. Sate Bulayak

Sate bulayak adalah sate sapi khas Lombok yang bumbunya sangat mirip dengan kari tapi versi bumbu-bumbu Lombok yang kuat. Keunikan sate bulayak ini adalah lontongnya yang dibalut dengan daun lontar dengan bentuk memanjang kecil. Cara mengkonsumsi yang unik juga menjadi daya Tarik tersendiri Ketika memakan lansung tanpa harus dipotong-potong dan dicelupkan ke bumbu sate.

3. Nasi balap

Perpaduan nasi, telur, potongan ayam, irisan kentang tipis dan kacang kedelai yang membuat makanan bukan hanya lezat, kriuk dan gurih namun kaya akan gizi protein dan lemak nabati. Makanan ini boleh dikudap di saat pagi, siang ataupun malam dikarenakan komposisi dari karbohidrat, protein dan nabatinya masih sangat seimbang. Uniknya, nasi balap ini dikemas dalam bentuk segitiga tabung seperti tumpeng, hal ini menambah sensasi Lombok, apalagi jika kita memakannya sambal menikmati pemandangan pantai.

4. Nasi Ina Inep

Masih mirip dengan nasi balap, menu utama nasi inep adalah nasi, potongan ayam, plecingan krecekyang lembut dibalur dengan sambal tomat. Sayur rebusan kol dan kacang Panjang membuat kesegaran tersendidri ke nasi Ina Inep. Makanan ini tergolong ekonomis dan cocok dijadikan sarapan.

5. Pepes Tai Lale dan Sate Rembige

Makanan yang paling favorit di Lombok sejauh saya mencicipi makanan khas Lombok adalah pepes Tai Lale. Tai lengis atau Tai Lale adalah ampas kelapa yang dipakai untuk membuat minyak kelapa. Tai lale dicampur dengan bumbu-bumbu khas yang sudah dihaluskan lalu dipepes. Tai Lale akan sangat nikmat jika dimakan dengan sate rembige, sate sapi khas yang hanya ada di Lombok dengan kuah santan yang pedas.

  22 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts