Ini Dia Situs yang Membantuku Mendapat Pekerjaan! [MY EXPERIENCE]

 

Halo sobat OSC, di kontenku sebelumnya aku sudah pernah membahas mengenai pengalaman mulai dari gagal OSC 2020 hingga akhirnya berhasil menjadi awardee OSC 2021.

Selain itu aku juga pernah mention kalau konten-konten selanjutnya kebanyakan akan sharing mengenai pengalamanku, entah itu terkait beasiswa, kerja, ataupun yang lain.

 

Nah, artikel kali ini kembali lagi dengan edisi [MY EXPERIENCE] namun bukan seputar beasiswa melainkan pekerjaan. 

Seperti yang kita tahu ada berbagai situs pekerjaan yang bisa kamu gunakan untuk mencari lowongan. Mulai dari Indeed, Jobstreet, Kalibrr, LinkedIn, Glints, dan masih banyak lagi situs lain. 

 

Tapi kali ini aku hanya akan membahas situs apa saja yang berhasil membantuku mendapat pekerjaan serta bagaimana hingga akhirnya berhasil lolos! 

 

So, let’s enjoy guys!

 

1. LinkedIn - Internship Technical Writer 

 

Situs pertama yaitu LinkedIn, merupakan platform pencarian pekerja serta media sosial profesional. Kamu bisa mendapatkan banyak info lowongan kerja dari berbagai penjuru dunia serta banyak bidang industri.

 

Selain terdapat info lowongan, LinkedIn juga memiliki fitur posting. Fitur ini digunakan para pengguna untuk membagikan karya atau kontennya. 

 

Nah, siapapun pengguna tersebut, entah itu individu, organisasi, maupun perusahaan dapat menggunakan fiturnya. 

 

Lalu bagaimana aku akhirnya mendapat info job dari LinkedIn? Saat itu ada salah satu perusahaan hosting di Malang, mereka memposting info magang secara online atau WFH dengan posisi Technical Writer.

 

Karena sewaktu SMK aku pernah magang dengan jobdesk writer juga, khususnya membuat artikel, maka saat itu aku putuskan untuk coba mendaftar.

 

Namun, yang perlu kamu tahu tidak semua info lowongan di LinkedIn harus mendaftar lewat LinkedIn juga. Saat itu ketika mengakses link-nya aku diarahkan pada situs resmi perusahaan tersebut.

 

Dari situlah aku mengisi beberapa biodata, mengupload CV serta berkas lain yang dibutuhkan. Setelah mengikuti serangkaian rekrutmen, akhirnya aku diterima sebagai peserta internship Technical Writer, mulai dari Desember 2020 - April 2021 lalu.

2. Indeed - Content Writer

 

Pengalaman kedua mendapat kerja yaitu lewat portal job Indeed, jika kamu para job hunter mungkin sudah tidak asing dengan situs ini. Di sana kamu bisa menemukan beragam info kerja mulai dari freelance, part time, hingga full time dengan segala jenis pekerjaannya.

 

Setelah lulus SMK dulu aku aktif mencari kerja, salah satunya adalah di Indeed. Waktu itu aku menemukan info kerja sebagai Content Writer di salah satu perusahaan Jogja. Karena saat itu masih pandemi maka pekerjaan ditawarkan secara WFH.

 

Sama seperti sebelumnya, lamaran pekerjaan tidak dikirimkan lewat Indeed, melainkan diarahkan ke situs resmi perusahaan. Di situ aku diminta mengisi data diri, mengisi CV dan yang lainnya.

 

Setelah melewati kurang lebih 4 rangkaian mulai dari interview HR, seleksi teknis, hingga interview bersama user, aku diterima sebagai Content Writer.

3. Jobstreet - Freelance Content Writer

 

Situs terakhir yaitu Jobstreet, merupakan situs lowongan yang paling sering digunakan oleh job hunter untuk mencari kerja. Ada beragam info lowongan baru setiap harinya, sehingga jika kamu tertarik mencari kerja, sebaiknya aktiflah dalam membuka situs ini setiap hari.

 

Setelah selesai dari perusahan yang di Jogja, aku aktif mencari pekerjaan lagi dengan posisi yang sama. Saat itu aku sedang membuka Jobstreet, lalu ada info lowongan Content Writer di perusahaan hosting Jakarta.

 

Tidak berpikir lama, aku langsung melamar. Kemudian tidak lama setelah itu aku mendapat WhatsApp dari tim HRD perusahaan tersebut untuk mengikuti serangkaian prosesnya.

 

Setelah melewati beberapa proses, akhirnya aku diterima sebagai Freelance Content Writer sejak Oktober 2021 lalu hingga saat ini.

Nah, itulah kurang lebih 3 situs lowongan kerja yang akhirnya aku berhasil mendapatkan pekerjaan dari sana. Selain situs tersebut tentu masih banyak situs lain yang bisa kamu coba juga.

Apabila ada yang ingin kamu tanyakan seputar pekerjaan, magang, atau yang lain bisa langsung hubungi emailku di chazanahaorin@gmail.com atau Instagramku di sini @aorinkanendya, feel free to ask ya. See you di konten [MY EXPERIENCE] selanjutnya!

  25 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts