Hubungan Kemerdekaan Indonesia Dgn Ilmu Neotic Buku “The Lost Symbol Dan Brown"

Dalam sebuah buku yang menceritakan tentang “The Lost Symbol ditulis oleh Dan Brown yang menemukan sebuah pemahaman baru tentang ilmu noetic. Pada pemahaman tersebut menyebutkan bahwa ilmu neotic adalah ilmu yang dapat menghubungkan antara ilmu-ilmu yang sudah kuno dengan ilmu ilmu modern. Hal tersebut sangat menarik dikarenakan memiliki arah atau tujuan tertentu dan dijelaskan bahwa setiap ada usaha dalam melakukannya maka tujuan yang diinginkan akan didapatkan.

Buku tersebut sangat komplek dikarenakan membicarakan tentang bagaimana cara untuk membangun keyakinan. Keyakinan dapat dibentuk dari berbagai narasi yang selalu disampaikan sehingga sering didengar pula. Pada masa itu kemampuan daya nalar masih sangat kurang sekali tidak sebaik pada masa sekarang. Terdapat beberapa kejadian yang tidak dapat dijelaskan oleh kaausalitas. Yang menjelaskan tentang adanya sebab yang menghasilkan suatu akibat. Hal tersebut menjadi membuat keadaan menjadi tidak dapat dijelaskan dengan nalar pada masa itu sehingga menganggapnya sebagai mukjizat. Pemikiran kuno yang masih digunakan saat ini yang menjadi sebuah keyakinan yang selalu ada apabila belum terdapat bukti yang menyatakan fakta yang sebenarnya. Tidak adanya bukti fakta seberarnya itu menjadi dasar yang sangat kuat apabila hal yang tidak dapat diterima oleh nalar akan tetap menjadi mukjizat.

Hubungan buku tersebut dengan kemerdekaan Indonesia adalah pribumi pada masa itu mempunyai tekat yang kuat bahwa bangsa indonesia akan merdeka melawan penjajah melalui usaha dengan sekuat tenaga dan berbagai cara seperti melakukan peperangan dan perundingan. Hal tersebut didasari atas rasa kesengsaraan dari penindasan yang dilakukan oleh penjajah dan membuat menjadi sebuah kesadaran yang menghasilkan sebuah pemahaman bahwa bangsa indonesia berhak merdeka. Dari kesadaran tersebut maka muncullah sebab dan akibat sesuai yang dijelaskan pada buku tersebut yang menjelaskan bahwa adanya sebab dan akibat. Sebab utama adala penjajahan ditanah indonesia dan mengakibatkan peperangan yang terjadi didaerah daerah namun menjadi sebuah kegagalan. Kemudian pemuda indonesia melakukan dengan pendekatan neotic yaitu dengan cara mempelajari kisah kisah lama sejarah indonesia akan kekalahan terhadap penjajah dan menghubungkan tentang cara cara baru untuk melawan penjajah yaitu dengan adanya pemikiran persatuan yang mempersatukan bangsa indonesia bukan kedaerahan lagi namun menjadi satu kesatuan yaitu indonesia. Pemikiran tersebut didasari atas keyakinan dan penggabungan antara ilmu perlawanan terhadap penjajah yang kuno dan yang terbaru. Untuk membuat sebuah negara tentunya tidak hanya dapat menguasai suatu tempat namun juga harus mendapat pengakuan dari negara lain dengan keyakinan yang kuat bangsa indonesia dapat menjadikan sebuah bangsa yang diakui oleh negara lain melalui usaha usahanya yaitu berbagai macam peperangan dan perundingan-perundingan.

  19 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts