Fakta Tersembunyi Pantai 3 Warna

Pantai 3 Warna, ini berdekatan dengan Pantai Sendang Biru dan dikelola oleh Bhakti Alam yang para anggotanya merupakan masyarakat sekitar. Pantai 3 warna ini berada di wilayah konservasi tapi dijadikan tempat wisata dan rekreasi. Pihak manajemen bertujuan memperkenalkan keindahan alam Indonesia dan sekaligus memberikan edukasi bagi para wisatawan bahwa menjaga kelestarian alam itu hukumnya wajib. Terbukti dengan adanya beberapa peraturan yang diterapkan apabila berkunjung ke wisata pantai 3 warna Malang. Pantai ini masuk di area Rehabilitasi dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang serta Hutan Lindung Desa Sitiarjo, Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang.

Pantai ini unik karena memiliki warna air laut yang berbeda-beda. Selain itu tempat ini juga bebas dari sampah, para wisatawan bisa melakukan snorkeling menikmati panorama bawah laut seperti terumbu karang yang masih alami.

Keberadaan Pantai 3 Warna ini cukup dekat dengan lokasi Pulau Sempu. Menurut warga sekitar, saat sore hari sekitar pukul 16:30 WIB jika ada segerombol burung bangau terbang rendah melintasi lautan, itu tanda bahwa ada sekelompok ikan lumba-lumba yang berenang di sekitar pantai.

Rute Perjalanan Menuju Pantai 3 Warna

Jarak dari pusat kota ke lokasi pantai ini kurang lebih 75 km. Cukup mengikuti penunjuk arah menuju Kecamatan Bululawang – Turen – Sumber Manjing Wetan – Pantai Sendang Biru. Setelah sampai di pertigaan menuju Pantai Sendang Biru, ada penunjuk arah ke Clungup Mangrove Conservation. Itu penunjuk ke Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai 3 Warna.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai 3 Warna

Disini sebenarnya tidak ada tiket masuk, namun wisatawan diharuskan untuk membayar donasi sebesar Rp.6.000,- / orang. Dan setiap rombongan wisatawan wajib menggunakan jasa Tour Guide lokal untuk memandu perjalanan wisata mereka.

Peraturan dan Persyaratan Masuk ke Lokasi

Salah satu hal yang patut diacungi jempol untuk pihak manajemen pengelola adalah mereka tidak mengeksploitasi keindahan Pantai Tiga Warna ini. Terbukti dengan motto “No Negotiation if Full Booked” pihak menajemen tidak terlena dengan pundi-pundi penghasilan. Ada kuota makmisal pengunjung di setiap harinya. Tentunya itu semua demi menjaga kelestarian dan kealamian dari wisata pantai di Malang ini. Berikut beberapa peraturan dan persyaratan di Pantai 3 Warna Malang.

1. Reservasi dan Quota Pengunjung). 2. Tour Guide Lokal 3. Check List Barang Bawaan. 4. Berpartisipasi Dalam Melestarikan Alam 5. Sistem Off Day 6. Waktu Kunjungan 7. Sampah 8. Camping

Tips Berkunjung ke Pantai 3 Warna

1. Pasang Surut Air Laut

Disarankan berkunjung di saat air laut sedang normal. Pasang surutnya air laut berpengaruh terhadap spot snorkeling yang akan kita jelajahi. Jika air sedang surut, pihak petugas akan mengarahkan kita ke area tertentu dan tentunya sangat sayang sekali kita tidak bisa mengexplore semua tempat indah disana.

2. Tiba Sebelum Tengah Hari

Perjalanan dari pos tiket masuk ke pantai 3 warna memakan waktu kurang lebih 1 jam berjalan kaki. Usahakan tiba disana sebelum jam 12 siang karena ditakutkan nanti pulangnya hari sudah gelap.

3. Kamera Anti Air

Pantai 3 Warna ini menawarkan keindahan taman laut yang sungguh mempesona, jadi sangat sayang jika tidak mengabadikannya.

4. Persiapan Fisik

Anda akan berjalan kaki pulang pergi kurang lebih 2 jam dan menikmati panorama bawah laut disana 2 jam. Jadi pastikan anda sedang dalam keadaan fit.

  66 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts