Budget Transportasi, Simaksi, dan konsumsi mendaki gunung Merbabu terbaru 2022!

Halo, Sobat OSC! di kesempatan kali ini, saya akan sharing mengenai budget transportasi, simaksi, dan konsumsi untuk mendaki ke Gunung Merbabu terbaru 2022.

Sebelum membahas estimasi biaya pendakian gunung Merbabu, tidak ada salahnya jika kita mengulas sedikit keindahan yang ada dibaliknya. Gunung Merbabu adalah salah satu gunung berapi berbentuk kerucut yang mana gunung ini memiliki tipe strato. Letaknya sendiri berada pas disebelah Gunung Merapi. Jika dipandang kedua gunung ini hampir serupa dan dijuluki sebagai gunung kembar selain Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing

Gunung Merbabu juga sangat populer dikalangan pendaki, gunung ini menjadi ajang pendakian yang cukup stabil baik itu bagi pendaki senior maupun pendaki junior. Meskipun medan yang dilalui tidak terlalu berat, namun para pendaki harus waspada terhadap kabut tebal, udaranya yang dingin serta hujan yang bisa datang sewaktu-waktu. Selain itu para pendaki harus melakukan penghormatan kepada leluhur sebagai tradisi sebelum melakukan pendakian.

Untuk bisa sampai ke Puncak Merbabu, ada 5 jalur yang bisa digunakan yaitu jalur Kopeng Thekelan. jalur Kopeng Cunthel, jalur Wekas, jalur Selo, dan jalur Suwanting. Di antara kelima jalur tersebut, kami memilih mendaki gunung Merbabu via swanting. Karna via swanting terkenal dengan view dan sabana yang memanjakan mata. maka berikut rincian estimasi mendaki Gunung Merbabu via swanting. 

Biaya transportasi menuju basecamp swanting. 

Jika berangkat dari arah bandung menggunakan bus, kamu bisa memulai perjalanan dari terminal cicaheum  menuju terminal tidar - Magelang dengan tarif sebesar Rp. 160.000. Namun jika berangkat dari Surabaya menggunakan bus, kamu bisa memulai perjalanan dari terminal bungur asih - surabaya menuju terminal tidar - magelang menggunakan bus eka cepat dengan tarif sebesar Rp. 155.000  lalu selanjutnya dari terminal Tidar - Magelang menuju basecamp swanting, kamu bisa nyarter mobil/menggunakan grab car. Kebetulan kami berangkat bersama 4 orang, jadi kami memutuskan untuk menggunakan grab car agar lebih murah dengan tarif sebesar Rp. 140.000/mobil. Maka jika dibagi 4 itu berarti 35.000/orang.

 

Biaya Simaksi Pendakian Gunung Merbabu Via Swanting

Untuk Simaksi pendakian gunung Merbabu dilakukan secara online dengan tarif sebesar Rp. 17.500 , namun juga bisa melakukan pembayaran secara offline. Kamu bisa mengunjungi link berikut untuk melakukan pendaftaran https://tngunungmerbabu.org/  Ojek dari basecamp/gardu menuju pos 1 Rp. 10.000 (agar menghemat waktu pendakian)

 

Biaya konsumsi - Rekomendasi konsumsi low budget

Untuk konsumsi biasanya kami patungan 50.000/orang, jika dikali 4 orang maka terkumpul 200.000 dengan rincian rekomendasi konsumsi sebagai berikut: Sosis, nugget, abon, kornet, roti gandum, energen, sup instan, kentang, madu minyak, dan gas isi ulang. Tidak hanya itu, diluar biaya 50.000/org masing-masing dari kami wajib membawa beras, mie, telor, dan air mineral supaya kebutuhan tubuh tetap terpenuhi. 

 

Kesimpulan budget transportasi, simaksi, dan konsumsi :

1. Budget PP Bandung - Terminal Magelang Rp. 320.000 2. Budget PP Terminal Magelang - Basecamp Suwanting Rp. 70.000 3. Budget Simaksi Rp. 17.500 4. Budget PP Ojek naik dan turun Rp. 20.000 5. Budget konsumsi bersama Rp. 50.000

Total : Rp. 477.500

Dengan estimasi biaya mendaki ke Gunung Merbabu di atas, maka kamu bisa mengetahui sekaligus melakukan persiapan biaya mulai dari sekarang. Tidak terlalu mahal, tergantung bagaimana kamu menggunakan seluruh biaya yang kamu siapkan. Semoga informasi biaya estimasi di atas bisa menambah pengetahuan bagi para pendaki yang akan melakukan pendakian Merbabu dalam waktu dekat ini.

 

Bonus Dokumentasi selama di gunung merbabu

 

  1547 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts