5 Makanan Khas Luwu yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke tanah luwu

Halo sahabat OSC....

Tanah Luwu di Sulawesi Selatan terletak sekitar 300 kilometer arah  timur laut dari  kota  Makassar. Daerah ini meliputi Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo.

Tanah Luwu menawarkan banyak sekali destinasi wisata alam. Namun yang jadi daya tarik bukan hanya itu saja. Makanan khas  setempat juga mesti di jajal saat berkunjung ke Tanah Luwu.

Berikut ini 5 makanan khas luwu yang menggugah selera :

1. Kapurung

Kapurung adalah salah satu makanan terhits di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan terkhususnya di Tanah Luwu. Makanan yang satu ini memang tidak hanya dijumpai di Tanah Luwu. Kapurung menyerupai papeda, yang dicampur dengan sayur dan ikan, terkadang juga ditambah kacang goreng, jagung, daging (ayam, sapi ataupun kerbau). Kapurung paling enak disantap dengan perasan jeruk nipis atau jeruk purut dan sambal terasi.

2. Ikan Parede

ikan parede terbuat dari potongan ikan kakap putih atau ikan lamuru yang direbus dengan kunyit, garam, serai dan buah khas daerah Luwu yaitu buah patikala. Buah patikala memiliki rasa asam yang bertujuan untuk menambah gurihnya rebusan kuah ikan parede. Ikan parede disajikan dan dinikmati dengan nasi dan sambal mangga.

3. Dange

Dange merupakan makanan pengganti nasi berbentuk persegi panjang dengan ukuran tujuh hingga 10 cm dengan warna putih keabu-abuan.Dange dibuat dengan proses mengeringkan sagu kemudian dihaluskan menggunakan tangan lalu dimasukkan kedalam cetakan yang telah dipanaskan terlebih dahulu kemudian dibakar diatas api berukuran sedang. Dange biasanya disantap bersamaan dengan pacco' ataupun kapurung.

4. Pacco'

Makanan yang satu ini cuma dijumpai di Tanah Luwu. Ada yang mengatakan bahwa makanan ini adalah sashimi nya orang Palopo. Kok bisa?

Sama seperti sashimi, pacco’ juga berbahan baku ikan segar yang diolah tanpa proses pemanasan. Sebagai gantinya, pacco’ memanfaatkan asam cuka.

Pacco’ sendiri dalam pengolahannya menggunakan banyak sekali cabai rawit yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Jadi, yang mengaku suka makanan pedas kayaknya wajib coba makanan yang satu ini. Peghalusan cabai rawit tersebut bukan menggunakan blender melainkan menggukan ulekan.

Pacco’ biasanya disajikan dengan dange, olahan makanan dari sagu yang menyerupai roti kering yang berbentuk persegi panjang.

5. Dompo Durian

Dompo durian adalah makanan khas dari Luwu yang terbuat dari buah durian yang di keringkan hingga kandungan air yang terdapat didalam buah durian tersebut kering. dan cara pengolahan dompo durian yaitu cukup di goreng dengan tepung terigu hinga  warna dari  dompo durian tersebut menjadi coklat keemasan ,biasanya dompo durian di sajikan bersamaan dengan teh hangat ataupun kopi.

 

Sumber foto Kapurung, Ikan Parede, Dange, Pacco', dan Dompo Durian [ Internet ].Tautan: https://resepkoki.id/resep/resep-kapurung/ [internet]. Tautan: https://cookpad.com/id/resep/15717539-parede-ikan-lamuru  [internet]. Tautan: https://www.jagel.id/list/pacco-ikan-tuna-91706 [internet]. Tautan: https://www.penalutim.com/2018/03/20/dange-kuliner-nusantara-dari-luwu-timur  [internet]. Tautan: https://shopee.co.id/Dampo-Durian-Sabbang-i.136146995.2156350243

  259 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts