5 Hal yang wajib dicontoh dari negara Jepang

Halo sobat OSC! setiap negara pasti memiliki kebiasaan yang berbeda. Kebiasaan itu bisa saja baik untuk dicontoh atau malah tidak baik karena sudah beda dengan nilai kesopanan di negara kita. Seperti halnya kebiasaan orang Jepang yang mewajibkan tamu ramai ketika makan untuk menghargai tuan rumah, kalau di Indonesia udah pasti kamu dibenci sama tuan rumah hahaha.. Tapi ada 5 hal yang wajib dicontoh dari negara Jepang. Apa saja? baca sampai uraian dibawah ini.

1. Budaya membaca

Dari kalangan muda hingga dewasa, orang Jepang memang suka mengisi waktu luangnya untuk mencari hiburan dan menambah wawasan dengan cara membaca buku. Jika kamu berada pada kereta atau bus di Jepang, tak heran kalian menemui hampir 80% orang sedang menunduk untuk membaca buku fisik maupun e-book melalui layar smartphonenya.

Hal ini patut dicontoh apalagi untuk kamu yang sering mabuk perjalanan, bisa kamu alihkan pikiranmu pada buku yang sedang kamu baca.

2. Budaya malu

Pada era samurai/shogun terdapat ritual Harakiri/Seppuku. Ritual ini dilakukan ketika mereka kalah dari pertempuran atau melanggar janjinya sebagai seorang samurai. Mereka akan bunuh diri dengan menusukkan pedang katana ke perut mereka hingga mati. Hal itu menjadi bentuk kesetiaan atau membungkam diri.

Itulah sebabnya budaya malu ini udah tertanam kepada penduduk Jepang. Mereka akan malu membuang sampah sembarangan, malu memotong jalan, malu untuk terlambat, dan malu untuk melanggar peraturan dan norma yang berlaku.

3. Pekerja keras

Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang 2450 jam/tahun, lebih tinggi daripada negara lain. Bahkan tidak sedikit orang Jepang yang mampu mengerjakan satu pekerjaan yang harus dikerjakan 5 orang. Pulang cepat terkadang bisa disebut agak memalukan di Jepang dan membuat pegawai tersebut termasuk daftar yang tidak dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Budaya hemat

Orang Jepang tidak hanya memiliki sifat pekerja keras, mereka juga memiliki sifat hemat. Bahkan ketika orang Indonesia bisa membeli mobil dalam waktu 3 tahun, orang Jepang bisa membeli mobil dalam waktu kurang dari 1 tahun. Makanya seperti yang terlihat di anime One Punch Man, Saitama akan mengejar barang yang sedang promo hingga mendapatkannya.

5. Disiplin waktu

Terlambat adalah salah satu hal yang paling dihindari oleh penduduk Jepang. Mereka memiliki tingkat kedisiplinan waktu yang tinggi. Hal ini patut kita contoh karena kita sering sekali mengabaikan waktu sehingga kita akan keteteran. Kita seringkali tidak memperhatikan jarak tempuh, waktu, dan resiko jam berangkat sehingga kita akan terlambat.

Itulah 5 Hal yang wajib dicontoh dari negara Jepang. Negara dan budaya memanglah berbeda, tapi tidak ada salahnya jika kita mencontoh budaya yang baik agar kualitas diri kita menjadi lebih baik lagi.

  250 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts