4 Makanan khas kota kudus yang wajib kalian coba saat kalian berkunjung ke kota

Kudus merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang dijuluki sebagai kota kretek ini merupakan kawasan yang bisa dibilang kecil. Namun meski begitu, ada banyak hal yang bisa membuat anda ingin kembali atau bahkan betah berlama-lama berada di Kudus. Salah satunya adalah dikarenakan makanan khas Kudus yang banyak diminati. Kuliner merupakan salah satu hal yang biasanya paling dicari ketika kita berkunjung ke suatu tempat. Cita rasa yang ditawarkan biasanya berbeda. Sehingga setiap tempat memiliki penyajian makanan yang unik dengan rasa yang menarik. Seperti beberapa makanan khas dari kota kretek ini. Untuk lebih jelasnya berikut adalah makanan khas kudus yang wajib kalian coba.

1. Soto Kudus 

Yang Pertama Tentu saja makanan khas kota kretek ini adalah soto Kudus. Sobat OSC pasti tidak asing dengan Soto yang hampir setiap daerah menyajikannya. Namun soto kudus ini memiliki perbedaan dengan soto khas daerah lainnya. Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari makanan satu ini adalah Bahan protein soto kudus adalah daging kerbau, karena di klaim memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan daging sapi.

Soto kudus biasanya disajikan di dalam mangkok yang berukuran kecil yang berisi kuah bening yang ditambah nasi putih,seledri,daging kerbau atau suiran ayam dan tauge

2. Lentog Tanjung

Lentog tanjung merupakan salah satu menu sarapan khas Kota kudus. Bahan utama makanan ini adalah  dari potongan lontong, sayur gori (dudoh tewel) dan sayur lodeh tahu serta dilengkapi dengan kani, santan kental dengan rasa gurih yang kuat, dan sambal merah cair khas lentog tanjung. Makanan ini Biasanya Disajikan diatas piring yang dilapisi alas dari daun pisang dengan taburan bawang goreng.  

3. Pecel Pakis

Makanan khas kudus selanjutnya adalah pecel pakis. Sesuai dengan namanya, pecel pakis merupakan masakan yang terbuat dari tanaman pakis yang tumbuh subur di lereng gunung muria.

Dalam penyajianya tanaman pakis diambil daunnya kemudian dilengkapi dengan bahan lainnya seperti kacang panjang yang dipotong dan tauge kemudian disiram dengan kuah kacang.

4. Nasi Pindang

Nasi Pindang adalah masakan yang berupa nasi dan irisan daging kerbau yang disajikan dengan kuah pindang dan daun melinjo. Nasi Pindang ini merupakan makanan khas dari desa colo kabupaten Kudus. Makanan inibiasanya disajikan oleh masyarakat kudus yang memiliki hajatan/pesta. Namun seiring berjalannya waktu, makanan ini juga di jual di beberapa tempat dan restoran.

Sumber gambar :https://img.okezone.com/content/2022/05/04/298/2589270/mau-yang-segar-masak-soto-kudus-saja-yuk-dGb3ULTCkn.jpg

 lentog tanjung   :https://img-global.cpcdn.com/recipes/7f201ada87959d5e/1200x630cq70/photo.jpg

  pecel pakis      :https://lh3.googleusercontent.com/-6D6-dlvf6kk/Xhcmhmg3h3I/AAAAAAAAAZs/qiLeUXtvC9kDwfexXqUDzDjq51qmEi68wCLcBGAsYHQ/s1600/1578575488606830-0.png

nasi Pindang    :https://img-global.cpcdn.com/recipes/6a5d4ca91fd6adc6/680x482cq70/nasi-pindang-khas-kudus-foto-resep-utama.jpg

  27 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts