"PETIS" OLAHAN DARI IKAN KHAS PULAU JAWA

Petis adalah salah satu bahan makanan yang bisanya digunakan dalam membuat olahan sambel ataupun rujak.

petis sendiri terbuat dari olahan kaldu ikan yang dipindang dan kemudian di rebus hingga menhasilkan cairan yang kental dan direbus dengan furasi yang lama hingga menghasilkan cairan yang menggumpal yang disebut dengan "petis".

karena berasal dari kuah ikan atau kaldu ikan maka sudah pasti rasanya akan asin gurih, sehingga hal inilah yang mengakibatkan sambel ataupun rujak yang dimasak dengan menambahkan petis akan membuat citarasanya menjadi semakin enak karena adanya rasa asin gurih dari petis tersebut.

selain digunakan dalam pembuatan sambel petis juga biasanya ditambahkan dalam membuat rujak khas daerah jawa timur.

petis sendiri berbentuk seperti kream dan berwarna coklat kehitaman tergantung dari ikan apa yang digunakan untuk membuatnya.

selain terbuat dari ikan petis juga ada yang terbuat dari kaldu udang biasanya petis yang terbuat dari kaldu udang rasanya lebih ada manisnya daripada yang terbuat dari kaldu ikan dan warnanya juga tidak segelap dari petis yang terbuat dari kaldu ikan .

 

dalam hal ditambahkan dalam bahan masakan petis hanya digunakan sedikit saja karena rasanya yang pekat.

 

untuk memilih petis mana yang bagus dan tidak bagus, biasanya petis yang bagus atau yang baik beraroma segar yang berarti petis tersebut baru dibuat, teksturnya halus dan tidak ada bintik bintik putih dipermukaaanya. 

petis bisa disimpan didalam kulkas untuk jangka waktu yang lama dan agar higenis maka usahakan saat mengambil petis harus menggunakan sendok yang bersih. 

  43 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts