10 REKOMENDASI KOPI LAMPUNG TERBAIK

Hallo Sobat OSC! Siapa di antara kalian yang suka banget dengan kopi? Nah, sebagai pecinta kopi, di tulisan kali ini saya akan mengajak Sobat OSC untuk mengetahui kopi apa saja yang menjadi favorit warga Lampung. Kopi-kopi ini bisa kalian jadikan sebagai pilihan oleh-oleh saat berkunjung ke Lampung. Kira-kira kopi apa saja ya? Yuk simak selengkapnya!

Black Eye Coffee: Lampung Coffee Beans Robusta

Kita mulai dari urutan yang paling bawah, yaitu Black Eye Coffe. Kopi ala kafe yang bisa kalian nikmati kapan saja di rumah. Kopi Lampung dari Black Eye Coffee ini memang baru ada di Bali dan Jakarta saja. Namun, bukan berarti Sobat OSC yang berada di kota lain tidak bisa menikmatinya. 

Kalian bisa membeli produk Black Eye Coffee secara online dan membuat kopi Lampung sendiri di rumah. Sobat OSC tidak perlu khawatir soal keamanan pengemasannya karena kopi dikemas dalam kemasan alumunium foil dengan lubang udara. Hal ini akan memastikan biji kopi di dalamnya tetap terjaga dengan baik. Untuk harga dari kopi ini mulai dari 52.800,00.

Kopi Bubuk Jempol: Kopi Cap J.P

Urutan ke-9, yaitu kopi Bubuk Cap J.P (Jempol). Kopi Bubuk Cap J.P (Jempol) diketahui merupakan salah satu kopi favorit masyarakat Lampung. Konon katanya, kopi ini sudah dikonsumsi masyarakat Lampung secara turun temurun. Nah, bagi Sobat OSC yang ingin mencicipi kopi tradisional Lampung, cobalah produk ini.

Namun, berhati-hatilah bagi kalian yang memiliki masalah lambung karena kopi ini tergolong kopi yang strong. Harga kopi ini lebih murah dibanding kopi sebelumnya, mulai dari 8.000,00 saja, Sobat OSC bisa mendapatkan Kopi Bubuk Cap Jempol yang khas ini.

Seven Bika Coffe: Lampung Highland Pure Robusta Bag Coffee

Urutan ke-8, yaitu Kopi Lampung Higland Pure Robusta Bag Coffe. Produk kopi yang satu ini berasal dari biji kopi pengunungan tinggi Liwa, Lampung Barat. Kopi ini memiliki aroma nutty dan caramel. Setelah menyesap kopi ini, Sobat OSC juga bisa menikmati medium lasting aftertaste yang nikmat.

Nikmati rasa, aroma, dan kesegaran kopi yang satu ini di rumah kalian dengan merogoh kantong senilai 68.800,00. Gimana, ada yang mencoba kopi ini?

Otten Coffee: Kopi Robusta Lampung

Urutan ke-7, yaitu Kopi Robusta Lampung dari Otten Coffee. Kopi ini digiling dengan mesin penggiling Mahlkonig VTA 6S. Mesin ini dikenal dengan hasil gilingan yang presisi untuk setiap partikelnya. Bahkan, Otten Coffee menawarkan level gilingan yang bisa Sobat OSC pilih sendiri. 

Kalian bisa menyesuaikan pilihan level gilingan dengan kopi yang akan dibuat. Misalnya, level gilingan halus jika ingin membuat espresso atau pilihlah level gilingan kasar untuk cold drip atau cold brew. Dengan harga mulai dari 45.000,00 saja, Sobat OSC bisa mendapatkan Kopi Robusta Lampung dari Otten Coffee.

Indraco: Supresso Lampung

Di urutan ke-6, ada Kopi Supresso Lampung dari Indraco. Bagi Sobat OSC pencinta kopi pahit, kopi Supresso Lampung ini bisa kalian coba. Kopi ini tidak hanya sekadar pahit, tetapi ada sentuhan rasa cokelat dan sedikit earthy. Jadi, ketika kalian meminumnya, ada sensasi rasa pahit dan manis yang berpadu dengan baik.

Selain itu, produk ini juga dikemas dengan elegan dan sangat baik. Selain untuk dikonsumsi sendiri, produk ini juga sangat cocok diberikan kepada orang lain sebagai hadiah karena kemasannya yang apik, di dalam kaleng. Sobat OSC hanya harus membayar mulai dari 68.900,00. Gimana? Ada yang mau kasih kopi ini ke saya?

Erefindo Jaya: Artcofie Lampung Robusta Tin Box Whole Bean

Lanjut urutan ke-5, ada Kopi Artcofie Lampung Robusta Tin Box Whole Bean. Produk besutan Erefindo Jaya Indonesia ini berhasil dikenal masyarakat karena konsistensi raya dan kualitasnya. Produk kopi Lampung yang juga dikemas dengan kemasan kaleng ini sudah melalui quality control yang ketat.

Prosesnya meliputi penyortiran green bean, pengukuran kadar air dan kepadatan biji, sampai pengukuran profile roasting. Semua proses ini benar-benar dinilai dengan saksama oleh tim ahlinya. Jadi, Sobat OSC tidak perlu ragu lagi untuk mencoba produk yang satu ini. Wah, kopi ini cocok banget ya untuk kalian yang suka memperhatikan kualitas dari suatu produk. Tunggu apalagi, segera cek toko orange maupun toko hijau dengan menyiapkan uang senilai 49.500,00 saja.

Kapal Api: Lampung

Kopi Kapal Api Lampung ini menempati urutan ke-4. Sobat OSC pasti tidak asing lagi dengan brand kopi Kapal Api. Ya! siapa sangka, ternyata nikmatnya kopi Lampung telah diakui oleh salah satu brand besar tanah ai. Hal itu terbukti dengan diluncurkannya produk kopi Lampung. 

Produk ini murni 100% kopi tanpa campuran gula. Jadi, kalian bisa mengatur takaran gulanya sesuai keinginan. Bagi Sobat OSC yang mencari kopi Lampung dari brand ternama dengan harga yang terjangkau, produk inilah jawabannya. Harga Kapal Api Lampung ini dibanderol mulai dari 13.300,00. Kopi ini sepertinya cocok untuk kaum milenial yang hobinya ngopi di Pagi hari sebelum beraktivitas atau sambil mengerjakan tugas.

EL'S Coffee: Lampung

Tak terasa kita sudah ada di urutan ke-3 yang ditempati oleh EL'S Coffee. EL'S Coffee adalah salah satu brand lokal yang mulai ada sejak tahun 2010. Namun, sudah sejak tahun 1989, perusahaan ini berkecimpung dalam dunia kopi dengan nama lain. Jadi, bisa dipastikan jika perusahaan ini sudah sangat berpengalaman di bidang kopi.

Salah satu produknya yang banyak digemari adalah kopi Lampung. Produk ini dibuat dari bahan baku berkualitas, diproses, dan dikemas dengan baik untuk para penikmatnya. Kesegaran kopinya masih bisa dinikmati karena pengemasan yang sangat baik. Sobat OSC hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 16.000,00. Kira-kira ada yang beli karena nama dan kemasannya yang aesthetic nggak ni?

JJ Royal Coffee: Lampung Robusta

Berikutnya, di urutan ke-2 ada JJ Royal Coffe dengan produknya, yaitu Lampung Robusta. Sobat OSC pasti sudah tidak asing lagi dengan merek JJ Royal Coffee. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2001 dan telah menghasilkan banyak produk berkualitas. Salah satunya adalah Kopi Lampung Robusta yang satu ini. 

Sejak awal, biji kopi yang digunakan adalah biji kopi yang telah melewati tiga kali proses pemilihan. Proses ini memastikan bahwa biji kopi yang digunakan benar-benar biji kopi terbaik. Jadi, jangan heran jika cita rasa kopi Lampung yang aromatik dan manis benar-benar bisa tersajikan dengan baik. Harga kopi ini mulai dari 40.500,00. Untuk produk yang berkualitas dan dibuat dengan proses pemilihan yang ketat, harga segitu bisa dibilang worth it ya Sobat OSC.

Arutala Coffee: Robusta Lampung

Akhirnya, kita sampai pada urutan pertama rekomendasi kopi Lampung terbaik, jatuh kepada Arutala Coffe dengan varian Robusta Lampung. Arutala menyajikan biji kopi pilihan dari daerah Tenggamus, Desa Ngarip Ulubelu, Lampung. Bagi Sobat OSC yang belum tahu, daerah ini dikenal sebagai penghasil biji kopi terbesar di Lampung. Biji kopi dari daerah Tenggamus memang dikenal memiliki cita rasa yang unik.

Arutala juga menyajikan produk ini dalam tiga pilihan ukuran, yakni 250 g, 500 g, dan 1.000 g. Bagi Sobat OSC yang baru mau mencoba sila beli dalam ukuran kecil, yakni 250 g. Harganya cukup terjangkau, mulai dari 34.000,00.

Sobat OSC, kira-kira dari sepuluh rekomendasi kopi Lampung terbaik di atas, kalian sudah pernah mencoba yang mana? Kalau saya, baru pernah mencoba Kopi Cap Jempol saja. Menurut saya, tekstur gilingan kopi ini kasar sehingga ketika diseduh, bubuk kopinya tidak langsung jatuh ke permukaan bawah gelas. Rasanya cenderung pahit dan warna hitamnya sangat pekat. Saya setuju bahwa Kopi Cap Jempol termasuk kopi yang strong, bahkan juga dari aromanya. Untuk harganya sangat terjangkau, tetapi kopi ini sempat sulit ditemui di warung-warung desa.

Sampai di sini dulu, kapan-kapan saya akan mengajak Sobat OSC untuk mencoba varian kopi-kopi Lampung terbaik lainnya. Selamat mencoba!

  51 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts